Header Ads


Kelola Uang Masyarakat, PMI Kebumen Diminta Transparan

KEBUMEN, kebumenonnews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen diminta transparan dalam mengelola keuangannya. Yakni dengan cara mempublikasikan secara berkala.
Hal itu diminta oleh Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, pada pelantikan pengurus PMI Kabupaten Kebumen masa bakti 2018-2023 di Pendopo Bupati, Rabu sore 6 Juni 2018.

"Karena PMI mengelola uang masyarakat. Syukur bisa real time, salah satunya dengan menggunakan bantuan teknologi informasi," pinta Yazid Mahfudz, dihadapan pengurus PMI yang baru dilantik dan staf Markas PMI Kebumen.

Publikasi pengelolaan keuangan penting mengingat PMI Kabupaten Kebumen mengelola uang masyarakat langsung yang digali antara lain melalui bulan dana PMI. Selain itu, PMI juga mengelola uang dari Biaya Pengganti Proses Pengolahan Darah (BPPD) yang dipungut dari masyarakat yang membutuhkan darah di Unit Donor Darah (UDD). Jumlahnya pun cukup besar.

Selain itu, untuk menumbuhkan kader-kader baru, Yazid Mahfudz, juga meminta PMI Kebumen bisa merekrut generasi milenial atau generasi jaman now. "Sekaligus mengembangkan sikap kepedulian di kalangan anak muda," tegasnya.

Sementara itu sebanyak 15 orang dilantik menjadi pengurus PMI Kabupaten Kebumen masa bhakti 2018-2023. Yakni Ketua Sabar Irianto, Wakil Ketua Halim Dani Hidayat, Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan UKTD Sri Fatmawati, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan Totok Ari Setyanto, Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Isnadi.

Kemudian, Sekretris Salim Wazdy, Wakil Sekretaris Puji Lestari, Bendahara Udy Cahyono, Wakil Bendhara Tjahyo Sambodo. Selanjutnya, anggota Sarwono, Eva Delsi, Bambang Widadi, Mukhsinun, Wawan Sujaka, dan Bahrun Munawir. Mereka dilantik oleh Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto.

Ketua PMI Jawa Tengah Imam Triyanto, menyampaikan pelantikan tersebut merupakan rangkaian dari hasil Muskab PMI Kebumen pada 28 April 2018 lalu yang diikuti oleh 26 PMI Kecamatan se-Kabupaten Kebumen, pengurus pleno, Kepala UDD dan Relawan PMI Kabupaten Kebumen.

"Saya berharap PMI Kabupaten Kebumen masa bakti 2018-2023 ini dalam menjalankan fungsi organisasi tercapai adanya kemandirian dalam pengelolaan PMI. Meningkatkan kapasitas sumber daya, meningkatkan kualitas pelayanan dalam segi kecepatan, cakupan dan efektifitas," ujarnya.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto, menyampaikan meski baru dilantik sudah ada sejumlah kegiatan yang dalam waktu dekat harus segera dilaksanakan. Khususnya menjelang Lebaran. "Prioritas yang harus dilakukan adalah membangun posko-posko dan menyiapkan cadangan darah yang cukup," kata mantan Asisten Sekda ini.(*)
Powered by Blogger.