Header Ads


Usai Memeriksa Sejumlah Pejabat, KPK Bawa Dua Koper Besar

Penyidik KPK meninggalkan gedung Tri Brata Polres Kebumen
KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Usai melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap sejumlah saksi, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) keluar Mapolres Kebumen dengan membawa sejumlah koper, Selasa (1/5/2018) sekira pukul 18.21 WIB.

Tercatat dua koper besar warna hitam dan coklat serta satu koper kecil dibawa dengan menggunakan mobil nopol AA 9458 UD keluar Polres Kebumen. Penyidik KPK yang melakukan pemeriksaan tercatat sebanyak 9 orang dengan 7 di antaranya laki-laki dan dua orang perempuan.

Rombongan datang ke Mapolres Kebumen dengan tiga mobil Kijang Innova bernomor polisi AA 9213 TD, AA 9458 UD dan AA 8898 SD. Sejumlah saksi diperiksa mulai dari kalangan pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen, swasta dan ketua partai politik.

Di antaranya Zaini Miftah, Haryono Wahyudi, Hanna Widyawati, Kurnia, Thamrin, Arif Ainudin dan lain sebagainya. Mereka diperiksa intensif secara bergantian sejak pagi sekira pukul 10.00 WIB hingga petang.

Saat tengah beristirahat setelah menjalani pemeriksaan, sejumlah saksi yang diwawancarai wartawan enggan memberikan keterangan terkait pemeriksaan itu. Senada dengan para saksi, rombongan penyidik KPK saat keluar dari Polres Kebumen juga enggan memberikan keterangan sedikitpun.

"Bisa ditanyakan langsung kepada penyidik," ungkap salah satu saksi kepada wartawan. Informasi yang dihimpun, penyidik lembaga anti rasuah tersebut masih akan memanggil sejumlah saksi pada hari berikutnya.

Kendati demikian, hingga kini belum ada kejelasan informasi keterangan para saksi tersebut untuk melengkapi berkas perkara bagi tersangka yang mana. Seperti diketahui, KPK tengah melakukan penyidikan dugaan kasus suap dan gratifikasi APBD dan APBDP 2016 Kabupaten Kebumen. Terkait perkara tersebut, KPK telah menahan Bupati Kebumen M Yahya Fuad, pengusaha M Khayub Lutfi dan Hojin Ansori serta anggota DPRD Dian Lestari.

Sebelumnya diberitakan, penyidik KPK melakukan pemeriksaan kepada sejumlah saksi mulai dari pejabat, swasta dan ketua partai politik, Selasa (1/5). Pemeriksaan kali ini jelas tampak berbeda dari biasanya lantaran dilakukan di gedung Tri Brata Mapolres Kebumen.(lukman/h4r/sorot)
Powered by Blogger.