Header Ads


"Tumini" dan Olahan Salak Kuliner Khas WAP Tirtomoyo

PONCOWARNO, Kebumenonnews.com - Obyek Wisata Alam Prabu (WAP) di Desa Tirtomoyo, Kecamatan Poncowarno, secara resmi dibuka oleh Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Minggu (6/5/2018).
Salah satu Spot swafoto di WAP Tirtomoyo.
Destinasi wisata Kabupaten Kebumen semakin lengkap dan beragam. Selain menyuguhkan pemandangan dan udara pegunungan yang segar, WAP juga menawarkan wisata religi.

Diharapkan WAP yang ada di desa penghasil salak, terus dikembangkan dengan kreatif dan inovatif sehingga menarik lebih banyak pengunjung. Tidak kalah penting mengimplementasikan Sapta Pesona, yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

WAP awalnya dirintis Karangtaruna desa tempat, kemudian bersama Pemerintah Desa Tirtomoyo melalui BUMDes.

WAP menawarkan pesona keindahan alam dengan kesejukan udara pegunungan. Wisatawan juga bisa berswafoto di berbagai spot menarik yang disediakan pengelola. Wisatawan WAP juga bisa menikmati buah salak dengan langsung memetik di kebun.

“Wisatawan juga bisa menikmati produk olahan salak. Saat ini kami sedang mengembangkan, produk olahan salak seperti brownies salak, mie salak, dan kopi biji salak,” ujar Sekretaris Pengelola WAP, Masrukhan.

Keunikan lain yang tidak bisa ditemui di tempat lain, yakni menikmati kuliner ‘tumini’ atau tumpeng mini nasi mogana. Sedangkan wisata religi yang ditawarkan, berupa petilasan Joko Lulo yang dipercaya masih kerabat Mataram. (rth/h4r)
Powered by Blogger.