Header Ads


Terkendala Biaya, Warga Miskin di Kedawung Ingin Operasi Katarak

Ripto Widodo
PEJAGOAN, Kebumenonnews.com - Ripto Widodo (47 th) warga RT 06 RW 06 Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen ini menderita penyakit katarak glukoma. Penyakit Katarak dideritanya sejak tahun 1999.

Ripto Widodo alias Surip menceritakan, meski menderita katarak namun dirinya masih bisa naik sepeda ontel dan bekerja di perusahaan genteng.

"Saya sudah berobat ke RSU Purbowangi, ikut operasi katarak tapi harus dirujuk ke RSU Sarjito. Mata kiri kanan masih bisa melihat tapi ada kelainan,” keluhnya dalam dialek ngapaknya.

Keluhan lain yang diceritakan yakni kalau melihat kabur seperti kaca basah kena debu. "Sekarang masih bisa melihat tapi berjalan walaupun remang-remang," imbuhnya.

Meski bapak empat anak ini memiliki jaminan kesehatan KIS serta mendapat bantuam PKH juga BLT namun untuk operasi mata ke RSU Sarjito Yogjakarta terkendala biaya perjalanan bolak balik Kebumen Jogja, ungkapnya beberapa hari lalu.

"Inyong pingin operasi mripat nang RSU Sarjito, tapine ora due duit nggo ongkose", ungkap Ripto dengan logat jawanya penuh harap.

Meski bekerja sebagai buruh serabutan genteng dengan penghasilan 35.000 sehari, yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, ia tetap bersyukur.

"Saya tidak punya rumah, saya nunut rumah almarhum mbah Minjaya selama 2 tahun ini dan kerja di pabrik genteng milik pak Rasimun sekitar 10 tahun. Saat ini saya juga sedang repot untuk membiayai anak sekolah yang masuk SMP", pungkas Rinto dengan penuh harap ada dermawan yang mau membantunya. (eko/adm)
Powered by Blogger.