Header Ads


Puluhan Turis Belajar Batik dan Kaligrafi di Pondok Pesantren Al Khafi

Turis sedang belajar membatik dan kaligrafi. Foto:syarif
KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Puluhan turis dari berbagai macam negara belajar membatik dan kaligrafi bersama para santri di Pondok Pesantren Al-Kahfi, Somalangu, Kebumen.

Selain belajar membatik dan kaligrafi, puluhan turis tersebut juga belajar mengenal lebih dekat budaya dan tradisi di pesantren setempat, Sabtu (05/05).

Puluhan turis itu menyambangi pondok pesantren setempat dalam rangkaian acara Al-Kahfi Intercultural Festifal 2018 yang digelar di pondok pesantren setempat sejak hari Sabtu-Minggu (05-06/05).

 Solihun, salah satu panitia dalam kegiatan tersebut menuturkan, sebelum tiba di pondok pesantren setempat, sebanyak 29 turis dari 11 negara tersebut sebelumnya singgah di kantor PBNU Jakarta.

"Sebelum belajar membatik dan kaligrafi, mereka kita ajak berkeliling pesantren dan masjid bersejarah yang ada di komplek pesantren untuk mengenal sejarah, budaya dan tradisi pesantren Al-Kahfi," terang Solihun.

Solihun menuturkan, turis-turis tersebut berasal dari Negara Nigeria, Afganistan, Sudan, Kenya, Iraq, Vietnam, Rusia, Thailand, Gambia, Syria dan Persia. Mereka merupakan mahasiswa dari negara masing-masing yang tengah mengenyam pendidikan di Indonesia.

"Dengan adanya kegiatan ini kita harap budaya dan tradisi pesantren dapat dikenal lebih dekat lagi di mata dunia. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, kita juga bisa saling mengenal tradisi dan budaya dari berbagaimacam negara," ujarnya.(syarif/h4r/sorot)
Powered by Blogger.