Header Ads


Puluhan Relawan Kebumen Digembleng SAR di Waduk Sempor

Peserta Diklatsar mengikuti Upacara Pembukaan di Sempor. Foto:bpbdkebumen
SEMPOR, Kebumenonnews.com - Sebanyak 38 orang yang terdiri dari perwakilan organisasi potensi SAR di Kabupaten Kebumen mengikuti Diklat SAR yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen.

Diklat dilaksanakan di kawasan obyek wisata Waduk Sempor, Kecamatan Sempor, pada Senin (7/5), dan digelar hingga hari Sabtu (12/5) mendatang.

Sebagai instruktur dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jawa Tengah, pos Cilacap dan Semarang.

Peserta dalam Diklat tersebut mendapat berbagai macam materi yang berkaitan dengan penanganan kebencanaan.  "Materi dalam diklat ini di antaranya, junggle rescue, water rescue dan vertikal rescue,” terang Heri Purwoto, Humas BPBD Kabupaten Kebumen.

Heri menuturkan, syarat utama dalam Diklat SAR tersebut, yakni kemampuan dan ketangkasan berenang peserta. "Agar lulus dalam seleksi, peserta harus menguasai teknik dan punya kemampuan berenang, terutama ketahanan dan kekuatan saat berenang. Syarat utama peserta harus bisa renang minimal 50 meter tanpa berhenti,” jelasnya.

Heri menambahkan, Diklat SAR tersebut bertujuan untuk pembentukan cluster evakuasi yang benar-benar paham terhadap tehnik dasar rescue. Selain itu Diklat itu juga ditujukan untuk membentuk relawan yang tangguh serta mempunyai teknik dan kemampuan dasar rescue.(h4r)
Powered by Blogger.