Header Ads


Penetapan Hari Jadi Kebumen Tunggu Hasil Evaluasi

Rumah dinas Bupati Kebumen. Foto:Dasih
KEBUMEN Kebumenonnews.com - Setelah disepakati oleh segenap anggota DPRD Kebumen dalam Sidang Paripurna DPRD Kebumen pada 2 Mei 2018 lalu, penetapan tanggal 21 Agustus 1629 sebagai hari jadi Kebumen yang baru kini hanya tinggal menunggu hasil evaluasi Gubernur Jawa Tengah.

"Setelah proses evaluasi oleh Gubernur selesai, dilakukan finalisasi berupa penetapan oleh DPRD Kebumen sebagai Peraturan Daerah (Perda) Hari Jadi Kabupaten Kebumen untuk menggantikan Perda Nomor 1 Tahun 1990," ujar Kasubag Otda dan Kerjasama Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Grace A Dunggo MPA, di ruang kerjanya, Jumat (04/05/2018).

Terhadap sikap politik segenap anggota DPRD Kebumen yang bersepakat memilih 21 Agustus 1629 untuk menggantikan 1 Januari 1936 sebagai hari jadi Kebumen, menurut Grace patut dihargai. Mengingat, rumitnya proses pencarian tanggal yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah serta diterima semua pihak di Kebumen.

Adapun pemilihan 1 Januari 1936 sebagai hari jadi Kebumen berdasarkan Perda Nomor 1/1990, menurut Grace didasarkan pada keputusan Pemerintah Hindia Belanda yang menggabungkan Kebumen dan Karanganyar sebagai satu wilayah kabupaten pada tanggal 1 Januari 1936. "Sejak ditetapkan, perda tersebut menjadi polemik di tengah masyarakat Kebumen karena dianggap berbau kolonial Belanda.

"Sedangkan pemilihan 21 Agustus 1629 sebagai hari jadi Kebumen berdasarkan peristiwa heroik yang terjadi di tanggal tersebut," ujar Grace.

Adapun peristiwa heroik tersebut berupa penyerangan Sultan Agung ke Batavia yang pengawalan logistiknya dipercayakan kepada Kyai Bodronolo, seorang tokoh masyarakat di pedukuhan Panjer. Atas jasanya itu Bodronolo kemudian diangkat sebagai Adipati Panjer bergelar Kyai Ageng Gede Panjer I. Adapun pusat pemerintahan Kadipaten Panjer tersebut saat ini telah menjadi sebuah hotel berbintang 3 yang berlokasi di Jalan Pemuda Kelurahan Panjer Kecamatan/Kabupaten Kebumen. (Dwi/KR)
Powered by Blogger.