Header Ads


Pemkab Kebumen Rukyatul Hilal di Pos Observasi Bulan Bukit Pedalen

Ilustrasi
AYAH, Kebumenonnews.com - Penyambutan terhadap datangnya bulan Ramadhan 1439 Hijriah oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen akan diawali dengan pelaksanaan Rukyatul Hilal atau pengamatan bulan muda di Pos Observasi Bulan (POB) Bukit Pedalen Desa Argopeni Kecamatan Ayah Kebumen, Selasa (15/05/2018) petang.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen, dimulai sekitar pukul 17.30 dengan menggunakan 4 teleskop observasi," ungkap Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Wahib Tamam MSi, di ruang kerjanya, Selasa (15/05/2018).

Sedangkan Kasubag Kemasyarakatan Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Akhmad Badri SAg, menjelaskan bahwa pengamatan hilal tersebut berada di titik tertinggi Bukit Pedalen. "Titik tersebut oleh Kementerian Agama ditetapkan sebagai salah satu lokasi terbaik pengamatan hilal di antara 10 lokasi lainnya di Indonesia. Sehingga, agenda rutin pengamatan hilal menjelang Ramadhan sejak bertahun-tahun lalu dilakukan di titiktersebut," jelas Akhmad Badri.

Pelaksanaan Rukyatul Hilal tersebut dilaksanakan Selasa petang sebelum Maghrib tiba. Adapun hasil dari Rukyatul Hilal akan dilaporkan langsung kepada Kementerian Agama sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk pelaksanaan Sidang Itsbat pada Selasa malam. (Dwi/KR/adm)
Powered by Blogger.