Header Ads


Peminat KIA di Kebumen Membeludak

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Program pembuatan kartu identitas anak (KIA) di Kebumen baru disosialisasikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpil) Kebumen pada Maret 2018 lalu, namun hingga Kamis (03/05/2018) peminatnya sudah membludak.

"Sejak disosialisasikan Maret 2018, ternyata sejak April 2018 sampai hari ini terlihat antusias masyarakat yang tinggi untuk pembuatan KIA. Sampai hari ini sudah ada 20 ribu pemohon, 10.427 pemohon diantaranya sudah kami cetak kartunya," ujar Kabid Kependudukan Disdukpil Kebumen, Ulfah Muswardani MM, di ruang kerjanya, Kamis (03/05/2018).

Menurut Ulfah, hingga Mei 2018 di Kebumen terdapat 332.487 anak belum wajib KTP (kartu tanda penduduk) atau yang berumur 0 tahun sampai kurang dari 17 tahun. "Untuk melayani kebutuhan bagi mereka, tahun anggaran 2018 ini kami cetak 50 ribu blangko KIA. Bila kurang mencukupi, kami akan minta ditambah lagi dari APBD Perubahan 2018 Kebumen," ujar Ulfah.

Mengingat beberapa tahun mendatang KIA di Kebumen akan menjadi dokumen publik yang wajib dimiliki oleh warga berusia 0 tahun sampai kurang 17 tahun dan menjadi salah satu persyaratan mengurus berbagai keperluannya, maka sejak Maret 2018 lalu Disdukpil mulai mensosialisasikan program pembuatan KIA melalui Dinas Pendidikan (Disdik), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Gabungan Organisasi Pengelola Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kebumen.

"Selanjutnya ketiga institusi itu mensosialisasikannya kepada sekolah dan madrasah di Kebumen. Untuk memudahkan pembuatannya, setiap sekolah bisa mengkoordinasikan pembuatan KIA semua siswanya dengan melampirkan foto copi akte kelahiran siswa, kartu keluarga, KTP orang tua siswa, pas foto siswa dan golongan darah siswa," ujar Ulfah.

Pasca sosialisasi itulah banyak sekolah maupun warga perorangan yang mengajukan permohonan pembuatan KIA. Agar tak terjadi penyalahgunaan, warga yang ingin membuat KIA maka orang tua anak harus datang sendiri ke Disdukpil Kebumen, tak boleh diwakilkan kepada orang lain. (Dwi/KR)
Powered by Blogger.