Header Ads


Pemerintah Imbau Warga Jangan Mudik Gunakan Motor

Foto:ilustrasi
JAKARTA, Kebumenonnews.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda dua dalam mudik jelang lebaran nanti. Mengingat angka kecelakaan paling besar terjadi pada sepeda motor yang mencapai 70 persen.

"Motor itu pertumbuhannya tahun lalu 33 persen, pertumbuhan yang luar biasa mengalahkan jumlah angkutan yang lain dan 70 peesen kecelakaan itu karena motor. Oleh karenanya saya menganjurkan jangan naik motor, naiklah bus, naiklah kereta api, naiklah kapal," kata Budi Karya Selasa (8/5/2018).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menyediakan moda transportasi laut meskipun tidak sepopuler mode transportasi lainnya. Namun hal tersebut dinilai akan efektif mengurangi volume kendaraan roda dua di jalan.

"Laut memang belum populer namun kita akan menyediakan yang namanya angkutan mudik gratis berikut motor Jakarta-Semarang," imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam mudik tahun ini, Kemenhub telah meluncurkan program mudik motor gratis. Kemenhub menyiapkan keberangkatan melalui dua moda transportasi darat dan laut.

Di mana untuk kuota mudik gratis 2018 sepeda motor mencapai 39.446, sedangkan kuota untuk orang 87.250. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu di mana peserta mudik gratis 2017 sepeda motor hanya 19.148, dan orang mencapai 46.885.

Jumlah tersebut, nantinya akan terbagi melalui bus dan truk, kapal ro-ro, kereta api, dan kapal untuk setiap orang serta kendaraan bermotor.(Danar Widiyanto/h4r/KR)
Powered by Blogger.