Header Ads


Optimalkan Peran Tempat Ibadah, Pemkab Kebumen Gelontorkan Rp 3,035 Miliar

Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, secara simbolis menyerahkan bantuan dana hibah kepada pengurus tempat ibadah
KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Pemkab Kebumen tahun ini menggelontorkan dana hibah sebesar Rp 3,035 miliar untuk lembaga keagamaan. Bantuan keuangan yang bersumber dari APBD 2018 itu diberikan kepada 145 lembaga.

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, pada sosialisasi pencairan belanja hibah kepada lembaga keagamaan di Pendopo Bupati Kebumen, Kamis 24 Mei 2018.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kebumen, Wahib Tamam, menjelaskan tempat ibadah yang menerima bantuan, meliputi 1 masjid di jalur utama senilai Rp 500 juta, 51 masjid dengan total Rp 1,15 miliar, 60 mushola total Rp 810 juta, 9 TPQ total Rp 120 juta. Kemudian, 11 Ponpes senilai Rp 260 juta, 10 Madin senilai Rp 115 juta, 2 gereja senilai Rp 30 juta dan bantuan dana hibah untuk MUI sebesar Rp 50 juta.

"Besarannya bagi yang mengusulkan dibawah Rp 20 juta menerima bantuan Rp 10 juta, bagi yang lebih dari Rp 20 juta menerima Rp 15 juta. Kemudian, bagi yang kurang dari Rp 30 juta menerima Rp 20 juta dan yang lebih dari Rp 30 juta menerima Rp 25 juta," ujarnya.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfidz, menyampaikan pemberian bantuan dana hibah untuk tempat ibadah sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran tempat ibadah dalam mendukung pembangunan keagamaan.

"Saya berharap tempat ibadah, TPQ/Madin difungsikan secara baik. Masjid dan tempat ibadah lainnya merupakan tempat yang strategis untuk membina dan menggerakan potensi umat dalam mewujudkan SDM yang tangguh dan berkualitas," tandasnya.

Hadir pada acara tersebut Plt Asisten 1 Sekda Moh Amirudin, serta pengurus tempat ibadah para penerima bantuan dana hibah.(*/IK/adm)
Powered by Blogger.