Header Ads


Masuki Musim Angin Timur, Warga Waspadai Gelombang Tinggi dan Abrasi Pantai

PURING, Kebumenonnews.com - Memasuki datangnya musim angin timur di perairan laut selatan Pulau Jawa sejak awal Mei 2018, warga pesisir di sejumlah kecamatan di Kebumen kini mewaspadai datangnya gelombang tinggi ke arah pantai dan pengikisan atau abrasi pantai.
Pengikisan pasir pantai oleh air pasang musim angin timur di Pantai Bopong Puring Kebumen. Foto:Dasih
"Gelombang tinggi dan pengikisan pantai pertama mulai terjadi kemarin. Air pasang ke arah pantai mencapai hampir 200 meter dari bibir pantai atau sudah jauh melebihi kondisi normal," ujar petugas Obyek Wisata Pantai Bopong di Desa Surarejan Kecamatan Puring Kebumen, Saring, Minggu (06/05/2018) malam.

Sejak datangnya musim angin timur yang ditandai dengan bertiupnya angin kencang, gelombang pasang yang tinggi dan air pasang yang jauh melebihi bibir pantai, para nelayan Surarejan menghentikan aktifitas melaut mereka.

"Namun bagi petugas obyek wisata pantai seperti kami tentu harus selalu waspada demi keamanan para pengunjung dan para pemilik warung makan di sini. Apalagi, beberapa tahun silam pantai kami pernah terserang tsunami yang memporak porandakan puluhan pohon cemara laut dan warung makan di sini. Juga, beberapa kali peristiwa gempa bumi," jelas Saring.

Selain di Pantai Bopong, gelombang pasang tinggi dan pengikisan pantai juga terjadi di Pantai Karangbolong Kecamatan Buayan Kebumen yang dibarengi dengan datangnya banyak limbah pertanian maupun jenis sampah lainnya ke arah pantai. Sedangkan para nelayan di Desa Pasir Kecamatan Ayah Kebumen mengaku pasrah dan menyiapkan mental mereka untuk libur melaut selama beberapa bulan.

"Datangnya angin timur mengharuskan kami untuk beralih pekerjaan seperti menderes nira kelapa dan membuat gula atau pekerjaan lainnya," jelas Nardi, nelayan Pasir.(Dwi/h4r/KR)
Powered by Blogger.