Header Ads


Kebumen akan Tambah Hotel Berbintang

Hotel. Foto:istimewa
KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Minat investor untuk membangun hotel di Kebumen hingga kini masih tinggi, termasuk rencana pembangunan sebuah hotel berbintang dan pusat perbelanjaan (mall) di Jalan Sarbini Kelurahan Bumirejo Kecamatan/Kabupaten Kebumen yang pada 15 Mei 2018 mendatang memasuki tahap uji Amdal (analisa mengenai dampak lingkungan).

"Perlu kami tegaskan bahwa uji Amdal tersebut bukanlah formalitas, karena akan kami lakukan sesuai dengan prosedur untuk sebuah uji Amdal. Apalagi dalam tim penguji akan terdapat tim pakar sejumlah bidang ilmu dari 3 perguruan tinggi di kota Semarang, lembaga sosial masyarakat (LSM) dan perwakilan masyarakat," ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Edi Rianto MT di ruang kerjanya, Rabu (02/05/2018).

Menurut Edi, bila lulus uji Amdal dan terealisasi pembangunannya, hotel yang menyatu dengan mall tersebut akan menjadi hotel berbintang ketiga di kota Kebumen. Sebelumnya, sejak tahun 2016 hingga 2017, sudah berdiri dua hotel bintang tiga, masing-masing di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kebumen dan Jalan Pemuda Kelurahan Panjer Kecamatan/Kabupaten Kebumen.

"Namun pembangunan dua hotel berbintang tiga di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pemuda Kebumen itu tak dibangun melalui proses uji Amdal, karena luas bangunannya kurang dari 10 ribu meter pesegi dan luas lahannya kurang dari 3 ribu meter pesegi. Sedangkan calon hotel dan mall di Jalan Sarbini ini harus melalui uji Amdal karena luas bangunannya mencapai 11.581 meter pesegi atau lebih dari 10 ribu meter pesegi," jelas Edi.

Edi juga menegaskan bahwa dimasukinya tahap uji Amdal sudah melewati berbagai persyaratan, diantaranya pemakaian lokasi tersebut sudah sesuai dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kebumen dan investor sudah melakukan sosialisasi kepada berbagai elemen masyarakat. (Dwi/KR)
Powered by Blogger.