Header Ads


Kaur Kesra dan Tokoh Agama Desa, Dilatih Pemulasaran Jenazah Penderita HIV/AIDS


KARANGANYAR, Kebumenonnews.com - Sejak 2003 Hingga akhir 2017 tercatat sebanyak 880 kasus penderta HIV/AIDS di Kebumen. Penderita HIV/AIDS seringkali mendapatkan pengucilan dari masyarakat di sekitarnya atas penyakit tersebut.
Penyampaian materi pelatihan pemulasaraan jenazah penyakit menular. Foto:sorot
 Tidak jarang, masyarakat enggan mengurus jenazah karena mengetahui penyakitnya menular. Untuk mengurangi stigma itu, Bagian Kesra melakukan pelatihan pemulasaraan jenazah penderita HIV AIDS bagi Kaur Kesra desa dan tokoh agama, Senin (7/5/2018) di Karanganyar.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Kebumen Wakhib Taman mengatakan, mengurus jenazah dengan penyakit menular maupun dengan yang biasa sebetulnya harus diperlakukan sama. Akan tetapi, seringkali masyarakat enggan mengurus jenazah dengan penyakit menular dan memilih untuk menyerahkan kepada tenaga medis Puskesmas.

"Pelatihan untuk mempersiapkan kaur kesra di desa agar memahami tata cara pemulasaraan penderita HIV/AIDS dan menghilangkan stigma atas jenazah tersebut," ungkapnya di sela-sela acara.

Di samping mendapatkan materi narasumber dari Kemenag Kebumen dan Dinkes Provinsi Jawa Tengah, peserta juga mendapatkan kesempatan praktik pemulasaraan jenazah. Pemulasaraan jenazah tidak ada perbedaan yang mencolok, hanya diperlukan peralatan khusus celemek, sepatu boot, karet tangan sehingga tidak menyentuh langsung.

"Harapannya peserta dapat menyampaikan informasi yang diperoleh kepada Kaur Kesra yang lain," tandasnya.(lukman/h4r)
Powered by Blogger.