Header Ads


Hadapi Lebaran 2018, Operasi Laik Jalan Terus Digencarkan

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Menghadapi berlangsungnya masa mudik dan balik Lebaran 2018 mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kebumen sejak minggu ketiga Mei 2018 menggencarkan Operasi Laik Jalan (OLJ) bagi mobil angkutan barang dan orang, di berbagai titik ruas jalan di Kebumen.
Pemeriksaan kondisi kendaraan dalam uji kelaikan kendaraan di Dishub Kebumen. (Foto: Dasih Darmawati)
"Operasi Laik Jalan yang kami lakukan bersama dengan pihak kepolisian merupakan salah satu upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Menjelang datangnya Lebaran 2018 operasi ini kami tingkatkan intensitasnya dibandingkan waktu-waktu sebelumnya," ujar Sekretaris Dishub Kebumen, H Kinanto SIP, di ruang kerjanya, Rabu (30/05/2018).

Selain di sejumlah ruas jalan, OLJ juga dilakukan di Terminal Bus Kebumen, dengan memeriksa kondisi sejumlah komponen bus-bus AKAP dan AKDP yang transit di terminal tersebut.

"Bagi kendaraan yang kondisinya tak laik jalan kami larang meneruskan perjalanan dan ditindak sesuai prosedur, kecuali bila permasalahan bisa diatasi di lokasi OLJ seperti penggantian ban yang gundul dengan ban normal, mengganti kanvas rusak dengan kanvas baru ataupun memperbaiki kondisi rem yang tak optimal," ujar Kinanto.

Namun ada kalanya awak kendaraan atau bus tak bisa memperbaiki kerusakan di lokasi OLJ, maka kami minta perusahaan bus tersebut mengirimkan bus lain yang laik jalan untuk mengangkut penumpang yang terlantar.

Sedangkan Kabid Keselamatan Transportasi Dishub Kebumen, Wikan Tris Junarto SSos, menjelaskan setiap mobil angkutan barang dan orang wajib melakukan uji kelaikan setiap 6 bulan sekali atau uji berkala. Hingga akhir 2017, jumlah kendaraan wajib uji mencapai 5.191 mobil barang, 1.258 bus aneka ukuran dan 357 angkutan pedesaan.

"Saat cuti bersama Lebaran 2018 kami tak melayani pelayanan uji kendaraan, untuk itu para pemilik kendaraan yang masa ujinya berakhir bersamaan dengan cuti bersama, untuk segera mengujikan kendaraannya sebelum cuti bersama tiba," ujar Wikan. (Dwi/adm)
Powered by Blogger.