Header Ads


Gerakan Desa Digital Kebumen, Promosikan UMKM

KLIRONG, Kebumenonnews.com - Gerakan desa digital dikembangkan di Desa Tambakprogaten Kecamatan Klirong. Gerakan Desa Digital Kebumen 2020 diresmikan oleh Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfudz di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu (6/5/2018).
Pelatihan Komputer sebagai gerakan desa digital.
KH Yazid Mahfudz mengatakan pihaknya akan terus mendukung desa digital. Hal tersebut dibuktikan oleh pemerintah daerah dengan membuka akses jaringan internet di empat desa yang berada di Kecamatan Sadang, yakni Desa Sadang Wetan, Sadang Kulon, Cangkring dan Kedunggong.

“Kita membangun pelayanan komunikasi di desa terpencil. Sehingga pelaporan dan informasi dari desa cepat diterima oleh pemerintah daerah, seperti penggunan website dan profil desa,” katanya yang kemarin didampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen Cokroaminoto.

Desa digital guna mendorong pemanfaatan internet untuk mempromosikan potensi ekonomi lokal. Penggagas Kebumen Desa Digital adalah Wahyu Yoga Pratama dari Kelompok Informasi Masyarakat Desa (KIMD) yang menamainya dengan Dodolan Digital.

Komunitas ini digawangi generasi milenial sebagai wadah atau tempat usaha untuk meningkatkan kesejahteraan di desa. Wahyu Yoga Pratama mengatakan, dipilihnya digital marketing lantaran digital telah masuk ke sendi-sendi kehidupan masyarakat di bumi.

Seperti halnya dalam memilih fashion, makanan, akses jalan hingga perjodohan. Digital marketing dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas internet yang tersedia di Balai Desa. "Harapannya produk dapat dikenal masyarakat tidak hanya di Kebumen tetapi seluruh Indonesia," ungkapnya.

Guna semakin memajukan digital marketing, ia pun berkomitmen terus mengembangkan skill dan berencana menggandeng lembaga yang bergerak dalam bidang digital. Di samping itu, pihaknya juga akan mengikuti pameran-pameran UMKM sembari memaksimalkan pemasaran dari media sosial.

"Keterlibatan masyarakat dalam program ini sangat diharapkan sehingga meningkatkan pendapatan yang berujung pada kesejahteraan masyarakat," tandasnya.(lukman/h4r)
Powered by Blogger.