Header Ads


Erupsi Merapi, Sebagian Wilayah Kebumen Diguyur Hujan Abu

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Erupsi Gunung Merapi yang terjadi sekitar pukul 02.56 wib menyebabkan hujan abu di sejumlah tempat wilayah Kebumen, Kamis (24/05/2018) pagi.
Butiran abu vulkanik menempel di kendaraan yang terbawa angin hingga ke wilayah Kebumen.
Hujan abu yang merupakan dampak dari meningkatnya aktivitas Gunung Merapi tersebut sontak membuat warga sempat terkejut. Abu tersebut tampak jelas sekali di kaca mobil dan di dedaunan.

Berdasarkan sejumlah informasi yang dapat dihimpun, hujan abu terjadi di seputaran kota Kebumen sejak pukul 06.00 wib.

BPBD Kabupaten Kebumen merilis akibat erupsi Merapi, hujan abu terjadi di sebagian wilayah kecamatan di Kebumen.

"Sebaran abu vulkanik diwilayah kabupaten kebumen dilaporkan hampir merata disebagian kecamatan di kabupaten kebumen, dengan sebaran relatif tipis, tapi terasa apabila mengendarai sepeda motor tanpa pelindung mata", jelas Heri Purwoto Humas BPBD Kebumen.

Selain itu, BPBD Kebumen juga memberikan himbauan kepada masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap tenang, selalu waspada dalam beraktivitas, gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas diluar ruangan, serta masyarakat dihimbau untuk tidak mempercayai dan tidak ikut menyebarluaskan berita hoax yang menyebabkan kepanikan.

Lebih lanjut, Heri menyampaikan, BPBD Kebumen tetap memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi dan akan menyampaikan kepada masyarakat sedini mungkin.

"Apbila beraktivitas di luar rumah jangan lupa memakai pelindung, bila perjalanan bermotor Jaket atau kaos tebal, masker,  kacamata, alas kaki, kaos tangan, hati hati saat mengemudi selain rawan terkena debu juga apabila lapisan abu relatif tebal jalan juga relatif licin", pungkasnya. (h4r/adm)
Powered by Blogger.