Header Ads


Eliminasi Malaria, Perlu Dukungan Lintas Sektoral

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh jajaran dinas terkait guna membahas persiapan eliminasi malaria.

Rakor yang diikuti jajaran OPD, rumah sakit, UPTD Puskesmas, IDI, DPRD dan instansi terkait lainnya dipimpin langsung oleh Kepala Dinkes dr.Hj.Y.Rini Kristiani M.Kes di Hotel Mexolie Kebumen, Senin (15/5).

Dalam rakor dr. Rini memaparkan, malaria merupakan penyakit yang menjadi prioritas global dan nasional. Karena itu perlu upaya kerjasama yang sinergis antara Dinkes dengan seluruh stakeholder terkait untuk mengendalikan dan menanggulangi penyakit malaria khususnya di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen.

Menurut dr.Rini, eliminasi malaria merupakan program pemerintah pusat yang harus dilaksanakan oleh setiap pemerintah daerah agar dapat menghentikan penularan malaria di suatu wilayah tertentu.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri. Karena itu, kami sangat membutuhkan bantuan seluruh jajaran instansi terkait untuk mensukseskan program eliminasi malaria di Kabupaten Kebumen. Kita menginginkan nantinya Kebumen sebagai daerah eliminasi malaria," jelas dr.Rini.

Untuk merealisasikan target program tersebut, perlu dibentuk tim terpadu lintas program maupun lintas sektoral.

"Selain itu perlu juga dibuat panduan untuk pelaksanaan pemberantasan penyakit malaria," kata dr. Rini.

dr. Rini juga mengungkapkan, angka Annual Parasite Incident (API) atau insiden parasit tahunan di Kebumen saat ini zero insiden. Kebumen dalam kurun dua tahun terakhir zero insiden, dan pada tahun 2018 jika tidak terjadi insiden malaria pada penduduk setempat maka Kebumen dinyatakan sebagai daerah bebas malaria.

Terkait persiapan eliminasi malaria, dr. Rini berharap melalui kerjasama yang sinergis lintas program dan lintas sektoral nantinya Kebumen bebas malaria. "Karena itu kami sangat membutuhkan kerjasama dengan seluruh pihak terkait untuk mengatasi permasalahan ini demi suksesnya program eliminasi malaria di Kabupaten Kebumen," kata dr.Rini.

Selain itu, dr. Rini juga berharap masyarakat hendaknya dapat mendukung dengan menjaga lingkungan agar tidak menjadi tempat perindukan nyamuk, meningkatkan pemahaman tentang penyakit malaria dan dampaknya bagi orang lain serta meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.(mn/adm)
Powered by Blogger.