Header Ads


Al Kahfi Intercultural Festival, Garap Seni dan Budaya Lintas Negara

Foto:istimewa
KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Beragam seni budaya dari berbagai macam negara ditampilkan diatas panggung Al Kahfi Intercultural Festival (AIF) 2018 yang digelar di Pondok Pesantren Al Kahfi, Somalangu, Kebumen, Sabtu (05/05) malam.

Tak ketinggalan, tari lawet sebagai tari khas Kebumen yang dibawakan oleh santri putri pondok pesantren setempat juga turut mewarnai acara Perform Seni Budaya Lintas Negara tersebut. Satu per satu seni budaya dari 11 negara yakni Nigeria, Afganistan, Sudan, Kenya, Iraq, Vietnam, Rusia, Thailand, Gambia, Syria dan Persia pun unjuk gigi di atas panggung dengan disambut sorak ceria dan tepuk tangan dari ratusan santri pondok pesantren setempat.

Selain penampilan dari masing-masing negara, hal yang menarik dari perform seni budaya lintas negara tersebut yakni kolaborasi omah gamelan Yogyakarta yang personilnya terdiri dari berbagai macam warga negara dengan grup hadroh pondok pesantren setempat.

Selain itu, pada puncak perform seni budaya lintas negara itu peserta dari semua negara bersama santri menggelar gala diner ala santri, makan bersama atau kepungan.

"Dengan adanya perform seni budaya lintas negara ini kita jadi tahu seni budaya masing-masing negara dan dapat menghargai serta bangga dengan seni budaya dari negara masing-masing," terang Solihun, salah satu panitia dalam acara tersebut.

Solihun mengungkapkan, perform seni budaya lintas negara tersebut merupakan agenda yang dilakukan oleh Al Kahfi Interkultural Festival Department untuk menggarap seni budaya baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.(syarif/h4r/sorot)
Powered by Blogger.