Header Ads


Rutan Kebumen Jalin Kerjasama dengan Lintas Institusi

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Rutan Kelas IIB Kebumen melakukan kerjasama dengan Polres Kebumen, Kemenag Kebumen dan BPBD Kebumen untuk memaksimalkan pembinaan dan pengamanan warga binaan.

Hal itu ditempuh dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara keempatnya, Selasa (17/4/2018) di Rutan Kebumen.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Ibnu Chuldun dan Plt Bupati KH Yazid Mahfudz.

Plt Bupati Kebumen Yazid Mahfud, dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Kebumen mengapresiasi atas kesepahaman tersebut yang muaranya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Turut hadir Kajari Kebumen Erry Pudyanto Marwantono, Kepala Dinkes Rini Kristiani dan sejumlah tamu undangan serta ratusan warga binaan.

Kepala Rutan Kebumen Soetopo mengatakan, jumlah warga binaan Rutan saat ini 208 dari kapasitas 113 orang. Dari angka tersebut, 44 orang di antaranya residivis dan 6 adalah anak serta 4 perempuan. Kasus yang paling menonjol yakni pencurian dengan 59 orang, asusila 51 orang, perjudian 19 orang, penggelapan 14 orang, dan narkoba 8 orang.

"Kami rasa pengamanan dan pembinaan diperlukan kemitraan dengan lembaga lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Ibnu Chuldun mengingatkan warga binaan agar dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk sekaligus merenungi perbuatan yang telah dilakukan.

Termasuk mengikuti program pembinaan keagamaan dan pelatihan yang diberlakukan di Rutan. "Perubahan sikap dan mental dengan pembinaan keagamaan diharapkan warga binaan menjadi lebih bermanfaat ketika kembali ke masyarakat,” tuturnya.(h4r)
Powered by Blogger.