Header Ads


Proyek Pemerintah Wajib Gunakan Genteng Lokal

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Para rekanan pembangunan gedung yang dibiayai APBD maupun APBN oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen kini diwajibkan untuk menggunakan beberapa jenis material lokal Kebumen dalam pelaksanaan pekerjaannya.
"Salah satu material lokal Kebumen adalah genteng atau lebih dikenal sebagai genteng Soka. Bagi rekanan yang mendapatkan pekerjaan rehab maupun pembangunan gedung, kami wajibkan untuk menggunakan genteng Soka," ujar Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kebumen, Misrodin, Kamis (12/04/2018).

Kewajiban rekanan untuk menggunakan material lokal Kebumen menurut Misrodin didasari keinginan Pemkab Kebumen untuk membantu para perajin material bangunan Kebumen. Dengan demikian, Pemkab Kebumen bisa menjadi garda terdepan sebagai pelindung eksistensi para pemilik usaha material di Kebumen.

"Secara kebetulan, genteng Soka sebagai produk lokal Kebumen juga memiliki kualitas yang teruji dan layak untuk proyek-proyek gedung kami. Demikian pula halnya dengan produk lokal lain seperti batu bata yang diproduksi di sejumlah desa di Kebumen," jelas Misrodin.

Kabag Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Haryono Wahyudi MT mengungkapkan bahwa penggunaan produk lokal Kebumen dalam dua tahun terakhir ini bisa dilihat dalam proyek-proyek pemugaran rumah tak layak huni (RTLH) yang dibiayai oleh APBD Kebumen, APBD Jawa Tengah dan APBN. (Dwi/KR)
Powered by Blogger.