Header Ads


P3AI Dorong Dinas/Instansi Pemkab Kebumen Serius Jakankan Tugasnya

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak diberbagai daerah di Indonesia membuat Lembaga Pemerhati Perlindungan Perempuan dan Anak Indonesia (P3AI) Kebumen prihatin dan terus bergerak.
Pengurus dan relawan P3AI Kebumen silaturahmi dengan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar. Foto:Rizal Gusri.
Pengurus serta relawan P3AI mengadakan audiensi dan silaturahmi dengan Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, Rabu siang (04/04/2018) di Mapolres Kebumen.

Rizal Gusri selaku Ketua P3AI Kebumen menjelaskan, audiensi tersebut dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergi antara lembaga P3AI dengan seluruh jajaran kepolisian di Kabupaten Kebumen, guna melakukan langkah-langkah preventif dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan atau anak.

"Kami mendorong Kepolisian untuk meningkatan fungsi, peran dan kapasitas polisi melalui unit Babinkamtibmas di desa desa", jelasnya.

Namun demikian Rizal Gusri menyadari akan keterbatasan jumlah personil Babinkamtibmas yang ada tidak sebanding ideal dengan jumlah penduduk yang ada.

Selain itu juga Kepolisian agar memberikan perlindungan bagi saksi, korban dan relawan P3AI yang sedang menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan atau anak.

Kompleknya permasalahan yang ada, menginisiasi penanganan kasus yang ditangani oleh P3AI dengan metode Non Litigasi (mediasi, advokasi, pendampingan, pengawalan proses hukum).

Selain itu sosialisasi akan dilakukan oleh relawan P3AI ke desa desa dalam bentuk parenting (pola asuh anak dalam keluarga) dengan materi sosialisasi UU Perlindungan Anak, UU Penghapusan KDRT, UU dan peraturan lainnya, juga pemulihan trauma psikis yang dialami korban kekerasan, pendidikan seks/ kesehatan reproduksi, simulasi dan lainnya.

Namun demikian, sebelum terjun langsung dilapangan, relawan P3AI akan dibekali pengetahuan melalui Pelatihan.
"Pembekalan untuk para relawan dengan menghadirkan narasumber dari KPAI, LPSK, Kementerian PP & PA, Lembaga atau instansi terkait lainnya dan juga Bapak Kapolres Kebumen", papar Gusril.

Untuk itu P3AI Kebumen mendorong seluruh dinas/ instansi terkait di lingkup Pemkab Kebumen, untuk meningkatkan sinergisitas antar instansi serta lebih serius dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam rangka perlindungan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Melengkapi agendanya, P3AI akan menerbitan SK Pengurus & KTA bagi anggotanya dan pembentukan Koordinator Kecamatan (Korcam) di setiap Kecamatan serta membuat Posko Pengaduan/ Laporan untuk masyarakat di setiap posko tersebut.

"Kami mengajak serta masyarakat untuk mengawasi dinas/ instansi terkait dalam hal penggunaan anggaran agar lebih efektif, efisien, transparan dan tepat sasaran", pungkasnya. (h4r)
Powered by Blogger.