Header Ads


Nelayan Kebumen Panen Bawal Putih

Sejumlah nelayan Desa Rowo Kecamatan Mirit Kebumen pulang melaut. 
Mirit, Kebumenonnews.com - Nelayan Kebumen kini tengah panen ikan bawal putih yang merupakan jenis ikan bernilai ekonomi tinggi, mengingat harganya yang mahal.

"Ikan bawal putih berbagai ukuran, mulai yang kecil seberat 1 ons per ekor, 2 ons per ekor, 3 ons per ekor sampai 1 kilogram per ekor, bisa terjual dengan harga tinggi.

Karena itu, nelayan yang mayoritas dari hasil tangkapannya adalah bawal putih ukuran kecil tak perlu berkecil hati," ujar nelayan Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit Kebumen, Sahid, usai melaut, Senin (16/04/2018).

Harga ikan ini di tingkat nelayan bervariasi, tergantung ukurannya. Ukuran terkecil dengan berat 1 ons/ekor harganya mencapai Rp 70 ribu/kilogram. Sedangkan ukuran 2 ons/ekor bisa laku Rp 100 ribu,-/kilogram. Ukuran 3 ons/ekor laku Rp 150 ribu per kilogram, 4 ons/ekor harganya Rp 200 ribu/ekor, 5 ons laku Rp 250 ribu/kilogram dan 1 kilogram terjual Rp 400 ribu/kilogram.

"Bagi kami yang berperahu 1 GT, walaupun hanya mampu memuat dua gentong plastik yang penuh berisi ikan bawal putih yang kebanyakan berukuran kecil, sudah merasa sangat bersyukur karena bisa laku Rp 20 juta sampai Rp 30 juta. Namun bila ikan tangkapan banyak yang berukuran besar, pendapatannya akan lebih besar lagi," ujar Sahid.

Sedangkan menurut Sarikun, nelayan Desa Rowo Kecamatan Mirit Kebumen, gerombolan bawal putih mulai terlihat melimpah di perairan laut Kecamatan Mirit sejak awal minggu kedua April 2018.

Dengan jumlah bawal putih yang melimpah tersebut, ratusan nelayan yang melaut hingga sejauh 500 meter sampai 1 kilometer dari bibir pantai tak ada yang gigit jari, karena hasil tangkapan mereka bisa mencapai kapasitas maksimal perahu mereka. "Kumpulan ikan bawal putih dalam jumlah melimpah akan muncul diperairan Mirit saat ombak tenang. Saat ombak yang tenang tersebut ratusan nelayan dari Mirit, Kertojayan Kabupaten Purworejo maupun para nelayan Kecamatan Puring dan Ayah Kebumen akan mendatangi lokasi tersebut dan bersemangat menjaring bawal putih di situ," ujar Sarikun. (Dwi/KR)
Powered by Blogger.