Header Ads


Konsumsi Narkoba Kades Wero Ditangkap Polres Kebumen

Foto: SM
GOMBONG, Kebumenonnews.com - Kepala Desa Wero, Kecamatan Gombong, Kebumen Heru Nurpriyatno (54) ditangkap oleh jajaran Satres Narkoba Polres Kebumen, Minggu (22/4) malam.

Heru ditangkap di rumahnya pukul 22.00 wib karena diduga mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu. Selain membawa tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti sabu dan satu set alat hisap sabu.

Hingga Senin (23/4) malam kades tersebut diamankan petugas dan sedang menjalani pemeriksaan secara intensif oleh penyidik di Mapolres Kebumen. Penangkapan kepala desa itu diawali dengan penangkapan tersangka lain, Minggu (22/4) pukul 20.00 wib.

Tersangka itu diketahui sebagai pengkonsumsi sabu-sabu dari dua tersangka lain yang merupakan pengedar yakni Theo dan Udin. Berdasarkan keterangan dua tersangka yakni Theo dan Udin, kades tersebut merupakan pembeli.

Berdasarkan informasi tersebut, polisi langsung mendatangi rumah tersangka Heru dan menangkapnya. "Setelah dilakukan tes urine, hasilnya positif,” ujar Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kasatres Narkoba AKP Hari Harjanto, Senin (23/4).

AKP Hari Harjanto menambahkan, barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan Theo yakni 0,2 gram sabu siap edar dan Rp 500.000. Atas perbuatannya, tersangka Theo dan Udin saat ini terancam Pasal 114 ayat Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar.

"Kami masih mengembangkan kasus ini untuk mengetahui asal pemasok barang,” tutur Hari Harjanto. Adapun sang kepala desa dijerat karena memiliki, menyimpan dan mengunakan narkoba melanggar Pasal 112 Ayat 1 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman 4-12 tahun dengan denda Rp 800 juta hingga Rp 8 miliar.

Dari hasil pemeriksaan petugas, Theo mengaku informan BNN agar pembeli percaya. Sedangkan kades diduga sudah lama mengkonsumsi Narkoba dan masih terkena efek narkoba. Pada hari yang sama kades dua kali konsumsi sabu-sabu dengan alasan stamina dan menambah percaya diri. Selain sisa sabu, polisi juga menemukan banyak obat lain. (Supriyanto/SM)
Powered by Blogger.