Header Ads


KH. Yazid Mahfudz Resmi Jadi Pelaksana Tugas Bupati Kebumen

KH. Yazid Mahfudz. Foto:istimewa
Kebumen, Kebumenonnews.com - Terhitung sejak 29 Maret 2018, Wakil Bupati Kebumen, KH. Yazid Mahfudz secara resmi menjalankan tugas dan wewenang Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad.

Hal itu didasarkan oleh surat penugasan dari Gubernur Jawa Tengah yang ditandatangani oleh Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kebumen, Sukamto, mengungkapkan, surat tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.33/1222/51 tanggal 26 Februari 2018 perihal penugasan Wakil Bupati Kebumen untuk melaksanakan tugas dan wewenang Bupati Kebumen.

Bersamaan dengan surat tersebut disampaikan tiga poin utama, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK ) telah menetapkan tersangka dan penahanan terhadap Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad. Orang nomor satu di Kebumen itu dijadikan tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi terkait dengan pengadaan barang dan jasa di Pemkab Kebumen.

Poin kedua dalam surat tersebut, yakni berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah yang mencakup tiga pasal di dalamnya.

Poin ketiga yakni, sehubungan dengan dua poin sebelumnya, untuk kelancaran pemerintahan daerah di Kabupaten Kebumen agar Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz melaksanakan tugas dan wewenang Bupati Kebumen sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sejak tanggal 29 Maret 2018 kemarin, tugas dan wewenang Bupati Kebumen secara resmi telah diambil alih oleh Wakil Bupati Kebumen.

"Semua surat-surat administrasi daerah dan perihal penting yang harus ditandatangani Bupati Kebumen kini ditandatangani langsung oleh Wabup,” ungkap Sukamto, Senin (02/04).

Sukamto menjelaskan, untuk posisi Wabup sekarang masih dijabat oleh Yazid Mahfudz, hingga proses hukum yang dijalani oleh Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad selesai.

"Kalau nanti sudah ada putusan hukum dan terjadi kekosongan jabatan Bupati, maka Wabup akan menempati posisi Bupati, dan posisi Wabup yang kosong juga akan diisi oleh pengganti Wabup,” jelasnya.(syarif/sorot)
Powered by Blogger.