Header Ads


Ikut Kampanye Cagub, Kades Bojongsari Dikenai Sanksi Administrasi

Klarifikasi Kades Bojongsari oleh Gakumdu. Foto:istimewa.
Alian, Kebumenonnews.com - Kepala Desa Bojongsari Kecamatan Alian, Edi Iswadi akhirnya hanya dikenai sanksi administrasi.

Edi sempat diperiksa Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu),
lantaran dilaporkan dugaan ikut berkampanye untuk salah satu calon Gubernur Jawa Tengah.

Sanksi administrasi diberikan pasalnya, alat bukti yang dibutuhkan dalam kasus netralitas dalam kampanye salah satu Calon Gubernur tidak terpenuhi unsur untuk diteruskan ke penyidikan.

Ketua Panwas Kabupaten Kebumen Maesaroh melalui Komisioner Divisi Penindakan Arif Supriyanto menjelaskan, pada rapat pembahasan II Gakkumdu disepakati perkara ini tidak dilanjutkan ke tahap penyidikan di kepolisian.

Panwas Kabupaten hanya merekomendasikan kepada Pemkab Kebumen dalam hal ini Bupati untuk memberikan sanksi teguran lisan ataupun tertulis.

"Ini sesuai dengan Pasal 30 ayat (1) UU nomor 6 tahun tahun 2014 tentang Desa," ungkapnya via phone, Jumat (27/4/2018).

Lebih lanjut dikatakan, rekomendasi yang dimaksud langsung dilayangkan ke Pemkab Kebumen usai rapat bersama Gakkumdu.

Kendati demikian, apabila nantinya terlapor kembali melakukan perbuatan serupa maka dapat dikenakan sanksi pemberhentian sesuai dengan Pasal 30 ayat (2) UU Desa.

"Kami mengimbau kepada kades maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap netral dan tidak melanggar aturan yang berlaku,” tegasnya.

Dalam pembahasan perkara ini, Gakkumdu telah memeriksa sebanyak 9 saksi yang terdiri unsur KPU, Panwascam, Panwas Desa, peserta dan pengasuh Ponpes.(lukman/h4r)
Powered by Blogger.