Header Ads


Di Kebumen, Pemilahan Sampah Rumah Tangga Belum Optimal

KEBUMEN, Kebumenonnews.com - Pemilahan sampah rumah tangga atau sampah domestik di Kebumen hingga kini belum banyak diterapkan oleh warga masyarakat.
Sampah. Foto:istimewa
"Karena itu, pemilahan sampah rumah tangga harus lebih dipacu oleh pihak-pihak yang berkompeten di Kebumen. Hingga kini, kebanyakan warga masyarakat lebih memilih mencampurkan aneka jenis sampah dalam satu wadah tanpa pemilahan terlebih dahulu," ujar Ketua Forum Peduli Lingkungan (FPL) Kebumen, Ir Sunaryo, di ruang kerjanya, Jum'at (20/04/2018).

Menurut Sunaryo, pemilahan sampah sebaiknya memang dilakukan di tingkat penghasil sampah seperti rumah tangga, dengan cara memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Setelah sampah-sampah itu terpilah-pilah, barulah dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS) terdekat.

"Keengganan warga masyarakat untuk memilah sampah secara mandiri disebabkan mereka lebih memilih cara yang praktis, yaitu mencampurkan aneka sampah dalam satu wadah, lalu membuangnya ke tempat pembuangan sampah sementara," ujar Sunaryo.

Selain memudahkan pengolahan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA), pemilahan sampah secara mandiri oleh warga masyarakat juga akan menunjang kerapihan TPS yang biasanya berada di bahu jalan. Sebab, sampah yang sudah dipilah-pilah akan memudahkan petugas kebersihan maupun pemulung untuk mengambil sampah yang dibutuhkannya, tanpa harus mengobrak-abriknya terlebih dahulu.

"Sampah-sampah di tempat pembuangan sampah sementara seringkali terlihat berantakan dan mengotori tempat sekitarnya setelah diobrak-abrik oleh pemulung. Kondisi seperti itu merupakan salah satu dampak dari tak adanya pemilahan sampah rumah tangga," ujar Sunaryo.(Dwi/KR)
Powered by Blogger.