Header Ads


Wabup Himbau ASN Kebumen Belanja Produk UMKM

Wabup KH Yazid Mahfudz meninjau salah satu stand UKM. Foto:humaspemda
KEBUMEN - Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Kebumen menggelar pemeran produk UMKM di halaman Kantor Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Daerah (Bap3da) Kebumen, Jumat (23/3/2018).

Kegiatan bertajuk Bazar Bela Beli itu ditujukan memperkenalkan produk UMKM ke para ASN di lingkungan Pemkab Kebumen. Bazar tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi jajaran pimpinan OPD.

Tak kurang dari 90 UMKM menggelar produknya mulai dari produk makanan hingga produk kerajinan. Kabid Usaha Mikro dan Hubungan Industrial Disnake KUKM Akhmad Sudiyono mengatakan, produk yang dipamerkan kali ini merupakan pilihan dari UKM yang telah mengantongi izin usaha mikro dan kecil (IUMK). Sementara untuk jumlah pelaku UMKM yang terdata di badan pusat statistik tahun 2016 sebanyak 40.000 dengan 12.000 diantaranya telah memiliki IUMK.
"Pemeran seperti ini akan dilakukan secara berkala dan ke depan akan lebih besar dibarengkan dengan hari UMKM,” katanya disela-sela kegiatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz berharap perkembangan produk UMKM akan terus bertambah.

Selain mengimbau ASN di lingkungan Pemkab Kebumen untuk berbelanja produk UMKM, Pemkab juga terus menjalin kerjasama dengan retail-retail agar dapat ikut memasarkan produk tersebut.

"Kami mengimbau ASN membeli produk UMKM agar ekonomi masyarakat semakin baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemkab melalui Surat Edaran Bupati nomor 800/092 tentang Himbauan ASN Peduli Produk Lokal Kebumen tertanggal 10 Januari 2018. Untuk setiap bulannya, setiap ASN dengan golongan pangkat tertentu harus belanja produk lokal Kebumen. Setiap akhir bulan, pimpinan OPD merekapitulasi hasil belanja untuk dikumpulkan pada Disnaker KUKM.(h4r/sorot)
Powered by Blogger.