Header Ads


Tumblr Diblokir Di Indonesia, Ini Dia Alasannya...

Tumblr diblokir-foto jawapos
JAKARTA, Kebumenonnews.com - Jejaring sosial dan microblogging Tumblr mendadak tidak bisa diakses pada Senin (5/3) malam. Usut punya usut hal tersebut terjadi setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memutuskan untuk memblokir Tumblr.

Lantas apa yang menjadi alasan Kemenkominfo memblokir platform tersebut?

Berikut 4 alasan mengapa Tumblr diblokir, melalui 4 twit dari akun twitter @kemkominfo:

1. Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform T*mb*r.  Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos t*mb*r dot com dan aplikasinya.

2. Ditemukan pula bahwa T*mb*r tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila.

3. Pada 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten kemudian mengirimkan notifikasi melalui email kepada T*mb*r dan meminta T*mb*r untuk membersihkan platformnya dari  konten-konten asusila, dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 Jam.

4. Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respon dari T*mb*r, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS T*mb*r pada hari Senin 5 Maret 2018 sore.

Banyak netizen yang kontra dengan keputusan Kementrian Kominfo terkait pemblokiran Tumblr, ada yang berpendapat bahwa tumblr sudah menemani dirinya hingga menemukan teman-temannya jago menulis dan menerbitkan buku, ada juga yang berpendapat pemlokiran tumblr tidak pantas namanya konten porno hampir ada di semua jejaring sosial dan yang seharusnya dibersihkan kontennya bukan diblokir websitenya.(h4r/5COG)
Powered by Blogger.