Header Ads


Tahap Uji Geologis, Kebumen Bakal Punya Jalan Tol

Foto:istimewa
KEBUMEN - Rencana pembangunan jalan tol di Kabupaten Kebumen yang merupakan bagian dari ruas jalan tol Yogyakarta Cilacap, kini sudah memasuki tahap uji geologis. "Uji geologis ini merupakan tahapan penting dari rencana merealisasikan jalan tol ini.

Bila uji geologis ini berhasil, maka kemungkinan besar rencana pembangunan jalan tol baru tersebut akan memasuki tahapan-tahapan selanjutnya," ungkap Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Penelitian Perencanaan dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kebumen, Achmad Aminudin Wahid ST, di ruang kerjanya, Rabu (28/03/2018).

Menurut Achmad calon ruas jalan tol Yogyakarta - Cilacap yang berada di wilayah Kebumen berada sekitar 500 meter di sebelah utara ruas Jalan Daendels dan panjangnya 50 kilometer lebih. Adapun wilayah yang akan dilewati adalah sejumlah desa di Kecamatan Mirit, Ambal, Buluspesantren, Klirong, Petanahan, Puring, Buayan dan Ayah. "Belum ada informasi tentang jadwal pembangunan ruas jalan tol yang berada di wilayah Kebumen. Namun berdasarkan informasi yang kami peroleh, tujuan pembuatan jalan tol ini untuk memperlancar akses transportasi dari Yogyakarta menuju Cilacap, termasuk dari bandar udara yang akan dibangun di Temon Kulonprogo," ujar Achmad.

Kendati jalan tol merupakan jalan bebas hambatan, namun Pemkab Kebumen menurut Achmad berharap agar di lokasi tertentu disediakan titik simpangan yang bisa dijadikan sebagai akses jalan bagi warga sekitarnya.(*/KR)
Powered by Blogger.