Header Ads


Sate Khas Kebumen Yang Bikin Ketagihan Para Wisatawan

Kebumen, Kebumenonnews.com - Indonesia selain kaya akan kekayaan alamnya juga kaya akan kekayaan kuliner khas Nusantaranya. Kali ini kita akan membahas kuliner khas daerah Kebumen, yaitu Sate Ambal. Berbeda dengan sate-sate dari daerah lain seperti Madura atau Ponorogo, sate ambal memiliki ciri khas sendiri.

Berdasarkan penelusuran, ternyata nama Ambal diambil dari nama sebuah desa kecil di kawasan pantai selatan Pulau Jawa, tepatnya di Desa Ambal Resmi, wilayah Kec. Ambal Kab. Kebumen, Jawa Tenga. Nama ini populer karena yang membuat Sate Ambal adalah masyarakat Desa Ambal Resmi secara turun-temurun. Memang Sate Ambal ini kurang begitu popular di daerah luar Kebumen, tetapi di daerah Kebumen sendiri sate ini sangat populer, bahkan sering menjadi jamuan utama dalam rapat besar, jamuan resmi, maupun prasmanan dalam keluarga. Nah, sebenarnya apa sih perbedaan sate ambal dengan sate-sate yang lain yang sering kita jumpai? Selain cita rasa yang khas, hal yang menarik dari sate ambal ini adalah pada bumbunya, bumbu sate ambal ini menggunakan campuran tempe kedelai yang direbus kemudian ditumbuk halus, kalau kita lihat sekilas bumbu sate ambal ini seperti kuah masakan Padang, agak lebih encer, berwarna kuning tua kecoklatan.

Hal yang membedakan pula antara sate ambal ini dengan sate lainya adalah pada proses penyajiannya, sate ambal disajikan terpisah antara sate dan bumbu tempe yang diwadahi dengan mangkuk sendiri, hal ini bertujuan untuk menambah cita rasa yang khas pada sate ambal. berbeda dengan sate Madura atau sate lainnya yang langsung menuangkan bumbu di atas satenya. Sate Ambal dalam penyajiannya juga menggunakan ketupat, tidak menggunakan lontong seperti sate umumnya. Ketupat dipercaya memberikan rasa yang berbeda ketika menyantap Sate Ambal. Dalam penyajiannya biasanya akan dilengkapi taburan bawang merah goreng, irisan tomat dan mentimun. Jika Anda menyukai pedas, anda bisa memesan potongan cabai rawit untuk menambah sensasi pedas atau irisan bawang merah segar saat menyantapnya.

Dalam proses pembuatan Sate Ambal sama dengan sate pada umumnya, sate ambal juga menggunakan bahan dasar ayam kampung, biasanya sebelum proses pembakaran daging ayam yang sudah siap akan dibumbui dulu dengan kecap manis dan rempah-rempah seperti pala, kunyit, merica, ketumbar, bawang putih, bawang merah, kemiri, dan jahe yang dihaluskan, kemudian didiamkan kurang lebih 30menit sampai satu jam supaya meresap ke dalam daging.

Dalam pembuatan bumbu, sate ambal menggunakan tempe kedelai yang dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu lain seperti cabai, bawang merah, bawang putih sampe halus seperti bumbu sate pada umumnya dan yang membedakan pula dengan yang bumbu sate yang lain, bumbu Sate Ambal sama sekali tidak menggunakan kacang, umumnya bumbu Sate Ambal ini juga tidak menggunakan kecap dan untuk menambah rasa manis biasanya menggunakan gula merah.(h4r/wartaonejateng)
Powered by Blogger.