Header Ads


Rifdah Farnidah hafidzah asal Sumedang Juara 2 MHQ

Rifdah Farnidah. Foto:istimewa
YORDANIA, Kebumenonnews.com - Indonesia kembali juara, setelah Ustadz Muhammad Al Faqih juara 1 bulan Oktober di Makkah, Ustadz Ayatullah juara 1 kategori tahfizh 30 juz dan tilawah di Maroko dan Ustadz Faisal Ilahi juara 2 kategori tahfizh 30 juz dan suara termerdu di Bahrain bulan November lalu. Kini Maret 2018, Indonesia kembali meraih juara 2 tahfizh 30 juz putri di Yordania, Rifdah Farnidah.

Rifdah Farnidah seorang hafidzah asal Sumedang Jawa Barat berhasil meraih juara 2 pada Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) tingkat Internasional yang diselenggarakan di Yordania selama 6 hari (19-24/3) dan diikuti oleh 30 negara. Hasilnya untuk juara kesatu oleh Aljazair, juara dua Indonesia dan juara ketiga Iran.

Dengan keberhasilan yang diraih, koleksi kejuaraan yang diperoleh oleh Rifdah yang tanggal 3 Juni nanti baru berusia 23 jadi bertambah. Tiga kali sebagai juara 1 di MHQ Nasional dan satu kali sebagai juara 2 di MHQ Internasional. Sebelumnya, Rifdah sudah juara 1 MTQ tingkat Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat tahun 2012, juara 1 MTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat tahun 2016 dan juara 1 MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat tahun 2017.

Salah seorang pembimbingnya Mutmainnah mengatakan bahwa Rifdah itu seorang hafidzah yang mutqin. Hafidzah mutqin itu hafidzah yang benar-benar hafal Al-Quran 30 juz. Bisa disimak dengan lancar tanpa melihat mushaf Al-Quran bahkan seluruh waktunya habis didedikasikan untuk Al-Quran.

Mutmainnah yang tercatat sebagai dosen di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta juga mengatakan keberhasilan yang di peroleh oleh Rifdah sebagai langkah awal untuk menuju ketingkat selanjutnya. "Jangan puas sampai di sini saja, pelajari terus Al-Quran karena samudra Al-Quran sangat luas. Hafalan Al-Quran yang mutqin menjadi pintu gerbang untuk mengarungi samudera Al-Quran," harapnya.

Semoga ke depanya di Indonesia akan tumbuh dan berkembang lagi generasi yang semakin peduli dengan Al-Quran sehingga Indonesia menjadi gudang huffadz (penghafal Quran) juara Dunia, tutup Mutmainnah. (h4r/Ayi Abdul Kohar/Muiz/NUOL)
Powered by Blogger.