Header Ads


Produk UMKM Kebumen Didorong Rambah Pasar Eropa

sudarno ahmad/ekspres
Kebumen - Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, menerima kunjungan pimpinan CV Mutigo Belgia di Indonesia, Selasa (12/3/2018).

Rombongan dipimpin langsung oleh CEO CV Mutigo Belgia, Fatmi Woro Dwi Martadi, yang membawa lima rekannya. Kunjungan yang diterima di Ruang Rapat Setda ini dalam rangka mendorong produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kebumen untuk memperluas terhadap produknya. Yakni dengan mengekspornya ke Eropa.

CEO CV Mutigo Belgia di Indonesia, Fatmi Woro Dwi Martadi, menjelaskan Belgia merupakan salah satu negara strategis di Eropa. Dimana negara ini menjadi ibu kota Uni Eropa. Negara kecil tersebut juga adalah pintu gerbang perekonomian Uni Eropa.
"Sehingga otomatis ketika produk masuk ke Belgia, dapat juga merambah masuk ke negara-negara lain di Eropa," kata Fatmi Woro, dalam paparannya. Lebih jauh, Fatmi Woro, menyampaikan terkait dengan perkembangan produk lokal Indonesia.

Sangat disayangkan banyak yang melibatkan negara ketiga, sehingga produk asli Indonesia banyak yang terkenal sebagai khas dari negara lain. Ia juga mengungkapkan, pada 2015 peringkat daya saing Indonesia di posisi 37 dengan nilai 4,52. Padahal dalam kenyataannya banyak ditemukan produk Indonesia di Eropa, namun menggunakan kemasan dari negara lain.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut, iamengajak pelaku UMKM Kebumen, agar dapat mengekspor produknya dengan identitas sendiri. Menurutnya, keuntungan dari ekspor sendiri ini lebih besar dibandingkan hanya memenuhi pangsa pasar lokal Indonesia. "Untuk memasuki pasar Eropa, pelaku UMKM harus menjaga kualitas yang baik. Dengan packaging dan labeling yang bagus, mengikuti standar Eropa, mematuhi perundang-undangan Uni Eropa. Seperti sertifikasi dan perijinan eropa serta melakukan penetrasi pasar," paparnya.

Sementara Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, dalam sambutannya berharap pelaku UMKM di Kebumen dapat memperluas jaringan sampai pasar Eropa. "Sehingga apabila UMKM di Kebumen maju, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pemaparan produk unggulan Kebumen oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disnaker KUKM) Kebumen, Dwi Suliyanto. Hadir pula dalam kesempatan tersebut perwakilan OPD terkait, serta puluhan pelaku UMKM di Kebumen. Dalam kesempatan ini juga dipamerkan berbagai produk lokal kebumen.(KE)
Powered by Blogger.