Header Ads


Polda Jateng Kurang Personil, Kapolres Kebumen Sosialisasi di CFD

Kaapolres Kebumen saat sosialisasi di CFD. Foto:sorot
KEBUMEN - Jumlah anggota Polri Polda Jawa Tengah jika dibandingkan dengan masyarakat masih jauh dari kata ideal. Jumlah Polri di Jateng saat ini memiliki rasio 1 anggota polisi bertugas melayani untuk 958 masyarakat Jawa Tengah.

"Padahal idealnya, jika dibandingkan dengan masyarakat, adalah 1 banding 350. Tentu masih banyak kekurangan personel," kata AKBP Arief Bahtiar membacakan amanat Kapolda Irjenpol Condro Kirono, Minggu (18/3/2018) pada sosialisasi penerimaan Polri saat Car Free Day (CFD) di Alun-alun Kebumen.

Acara yang terbuka bebas untuk umum itu, hadir pula Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Muspika Kecamatan Kebumen, PJU Polres Kebumen, Kapolsek dan Jajaran. Disamping itu masyarakat yang tengah menikmati Car Free Day pun juga ikut mengikuti sosialisasi dari awal hingga usai.

Pada sosialisasi tersebut, AKBP Arief mengajak seluruh masyarakat atau yang memiliki putra putri sesuai kriteria yang telah ditentukan ikut berpartisipasi mengikuti seleksi penerimaan Polri.

Ditegaskannya masuk polisi gratis dan jangan sekali-kali tergoda iming-iming orang dengan meminta uang tertentu. "Yang dapat menentukan lulus tidaknya, ya masing-masing. Persiapkan diri sejak awal," imbaunya.

Dijelaskannya, jika para masyarakat ingin menjadi kaya, maka dianjurkan mengurungkan niatnya menjadi polisi sejak awal. Menurutnya, kebanggaan menjadi polisi adalah dapat mengabdi kepada masyarakat.

"Menjadi anggota polisi adalah pengabdian diri kepada masyarakat," tegasnya. Jika ingin menjadi polisi, nantinya para peserta harus mengikuti tes seleksi. Di dalam tes tersebut akan ada ujian akademik pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Mendaftar Polri dapat dilakukan melalui empat jalur penerimaan yakni Akademi Kepolisian (Akpol), jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber sarjana (SIPSS), jalur Bintara Polri dan jalur Tamtama Polri. Kepada masyarakat bisa membuka informasi pendaftaran melalui website penerimaan.polri.go.id.(luk/sorot)
Powered by Blogger.