Header Ads


Pesona Kebumen, Pantai Menganti New Zealand-Nya Indonesia

Pantai Menganti Foto:Istimewa
Ayah - Salah satu julukan dunia yang diberikan kepada Indonesia adalah Heaven Earth, julukan ini diberikan karena banyak Negara dunia iri dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi dan pemandangan yang memanjakan mata.

Ciri khas Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi lautan dan pantai-pantainya yang indah. Bali dengan pantai Kuta,Yogyakarta dengan pantai Parangtritis, dan belakangan ini yang namanya viral di media sosial adalah Pantai Menganti di Kebumen yang rumornya adalah pantai terindah di Jawa Tengah.

Pantai menganti kebumen berada di selatan pulau jawa, jadi bisa dikatakan pantai ini masuk ke wilayah pantai selatan. pantai selatan kental sekali mitos dan legendanya yang melekat pada masyarakat Jawa. Konon pada zaman dahulu ada panglima perang Majapahit yang melarikan diri ke pesisir pantai selatan kerena sang raja yang ditak merestui hubungannya dengan sang pujaan hati. Panglima dan sang pujaan hatinya pun berjanji untuk bertemu di pesisir samudra. Sang panglima pun terus menanti pujaan hatinya di atas bukit kapur sambil memandangi lautan lepas. Tetapi penantian itu sia-sia, setelah sekian lama sang pujaan hati tak kunjung datang. Meski begitu panglima terus menanti kedatangannya . karena itulah pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini dinamakan “menganti” yang artinya “menanti”.

Walaupun adanya berbagai mistos yang ada di sekitar pantai menganti ini tidak lantas mengurangi keindahan yang terpancar di pantai ini,dan pengunjung yang datang pun tidak mempermasalahkan mitos itu asal berlaku wajar dan mentaati peraturan. Lokasi pantai menganti Kebumen berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai menganti mempunyai jajaran pohon kelapa yang khas seperti pantai pada umumnya. Suasan yang khas adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dan banyak batu karang besar yang dapat digunakan untuk duduk menikamati pemandangan kea arah samudra nan indah.

Pantai menganti juga memiliki tebing raksasa yang terletak di sebelah barat yang dikenal dengan Tebing Bidadari. Satu objek yang perlu dikunjungi saat berkunjung kesana adalah Menara Mercusuar dan Tanjung Karangbata, letaknya di timur tenggara pantai Menganti. Di Tanjung Karang bata ini pengunjung dapat melihat luasnya Samudra Hindia dan pula jejeran batu karang, disini juga disediakan gubuk untuk berteduh dari terik matahari.
Dari Tanjung Karangbata kita dapat melihat pantai-pantai lain seperti Pantai Karangbata dan pantai Peacron di sebelah timur. Deburan ombak di pantai Menganti dapat digunakan untuk bermain Surfing. Pantai ini merupakan satu-satunya pantai berpasir putih di Jawa Tengah. Bahkan pantai ini disebut-sebut memiliki pemandangan yang mirip dengan pantai yang ada di New Zealand.

Untuk menuju ke pantai Menganti ada dua rute yang bisa dilalui. Pertama dari Gombong, ambil kea rah Puring, belok kanan menuju pantai Suwuk dan dilanjutkan menuju pantai Menganti. Jalannya cukup menantang karena penuh tikungan tajam dan tanjakan yang curam, rute ini hanya berjarak sekitar 38 kilometer. Rute kedua jaraknya lebih jauh, yaitu sekitar 45 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Dari Gombong, ambil ke arah barat menuju pantai Logending lalu pilih jalur naik ke arah pantai Menganti. Atau melalui rute koordinat GPS Goole Maps, klik: petunjuk ke arah jalur pantai Menganti. Harga tiket masuk ke Pantai Menganti adalah Rp. 10.000/orang. * harga dapat berubah sewaktu-waktu. (gz/k8r/WartaoneJateng)
Powered by Blogger.