Header Ads


Pemandangan Cantik di Pantai Watubale

Pantai Watu Bale Ayah. Foto:Istimewa
Ayah - Tidak bisa dipungkiri jika Tempat pariwisata menjadi magnet bagi warga masyarakat seluruh penjuru untuk menghabiskan waktu liburan. Semua tempat pariwisata pasti akan banyak sekali pengunjungnua saat hari libur telah tiba. Termasuk, tempat tujuan wisata pantai Watu Bale Kebumen yang terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Obyek wisata cantik ini berada tidak jauh  dari Pantai Lampon yang dulunya lebih terkenal akan keindahannya yang membuat pengunjung terpesona. Pantai Watu Bale dapat disebut sebagai tempat tujuan yang masih baru.

Keberadaan dari wisata pantai ini baru mulai populer dikenalbe berapa bulan terakhir. Walaupun begitu, pesona keindahannya sudah mulai membuat para wisatawan terpikat untuk berkunjung ke tempat ini. Obyek wisata Watu Bale dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2 kurang lebih 45 menit dari kota Gombong.  Akan tetapi, kendaraan yang dibawa tidak dapat mencapai lokasi. Perjalanan anda harus dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan sedikit berbelok kelok serta menurun tajam kurang lebih 15 menit. Akan tetapi, sedikit rasa lelah anda itu akan hilang saat mencapai atas batu karang dan melihat keindahan alam yang mempesona.

Watubale adalah salah satu pantai paling cantik di pesisir selatan Kebumen. Lokasinya terletak di desa Pasir, Kecamatan Ayah. Kelebihan pantai ini adalah memiliki pemandangan yang amazing yang bisa dilihat dari perbukitan di sisi kiri pantai. Di sepanjang perbukitan inilah banyak spot-spot yang sangat instagramable. Jadi, tidak heran, ketika menanjak ke area perbukitan di Watubale, pengunjung pasti akan langsung selfi-selfi.

Lokasi pantai Watubale juga mudah dijangkau. Jarak tempuh dari kota Gombong sekitar 22 kilometer. Rute paling nyaman adalah melalui jalan Puring => Pantai Suwuk => Pantai Karangbolong => menanjak sekitar 2 km ke arah desa Pasir. Kenapa musti melalui jalan Puring? Karena saat ini, rute tersebut memiliki jalan aspal yang cukup mulus.

Keindahan Watu Bale Kebumen
Wisata Pantai Watu Bale Kebumen adalah pantai yang unik. Karena secara cerdik dan kreatif menggabungkan wahana wisata yang sedang populer di berbagai tempat wisata. Dan semuai itu digabungkan menjadi satu di sebuah Pantai. Ya Tentu saja nuansa dan suasananya akan sangat berbeda, keindahanya juga tidak kalah menarik. Jadi, tempat tujuan wisata Pantai Watu Bale ini adalah tempat tujuan wisata baru yang sedang ngehits khususnya di kabupaten Kebumen. Selain pengunjung bisa menikmati  semilirnya angin laut diiringi suara deburan ombak yang sedang menyapu karang. Para pengunjung bisa mengambil foto dengan spot spot yang sangat memukau. Untuk pengelolaan Pantai Watu Bale ini memang cukup kreatif menjadikan peluang dan tren yang membuat para wisatawan atau para traveler yang saat ini hoby mencari tempat selfie.

Untuk saat ini yang sedang tren adalah gardu pandang atau jembatan layang yang berada di ujung bukit. Hasilnya wahana tersebut digabung di lokasi pantai watu bale ini. Hasilnya sungguh menakjubkan. Pantai ini juga memiliki tebing byang indah, karang karang serta pepohonan yang rindang. Wisata pantai watu bale ini lebih lengkap lagi. Selain udara yang sejuk, banyak sekali terdapat pohon kelapa yang menjulur tinggi ke pantai. Para pengunjung atau para wisatawan ini biasanya membuat tempat eksotik ini sebagai tempat berfoto foto ria. Langit biru dan Laut lepas menjadi latar belakang yang sangat sempurna bagi mereka yang gemar berfoto foto.

Pesona Pantai Watu Bale
Pantai watu bale ini sesungguhnya cukup sempit dengan permukaan pasir pantai yang memang curam. Tempai ini sering digunakan untuk tempat berhentinya perahu perahu para nelayan. Meski pantai ini tak memiliki pasir seindah Pantai 3 Warna Malang, akan tetapi pengelola justru mempunyai ide yang cukup kreatif dengan memanfaatkan geografis Pantai yang banyak terdapat bukit dan batu karangnya itu. Dengan menambahkan berbagai macam wahana, Menjadikan pantai Watu Bale Kebumen ini menjadi begitu mempesona. Tertulis ada 3 spot untuk selfie yang pasti membuat kalian pengen ke tempat wisata ini, yaitu Jembatan segitiga, Rumah Pohon, dan juga Bukit Titanic.

Nah, untuk konsep rumah Pohon ini menurut banyak orang hampir sama dengan wisata Kalibiru di Kulon Progo. Perbedaanya adalah background yang dikiri dan kananya terdapat lautan bebas dengan karang. Sedangkan untuk para pengunjung yang mempunyai nyali bisa berfoto di jembatan segitiga yang menjorok ke bibir laut. Dan akan terasa sekali deburan ombaknya. Untuk yang jelas dari Lokasi pantai Watu Bale ini adalah Bukit Titanic. Bukit Titaniic yaitu wahana yang mirip Kapal dan diletakkan di atas bukit. Tapi ini bukan kapal sunguhan sebenarnya, hanya saja spot selfie yang dibentuk disini menyerupai bagian kapal yang menjorok ke arah jurang. Anda akan berasa dia atas kapal jika foto di tempat ini.

Fasilitas  Pantai Watu Bale
Sebelum anda pulang menuju rumah anda, disini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam jajanan makanan dan pernak pernik yang banyak orang menjualnya di pinggiran pantai. Jika anda berminat, anda bisa membelinya untuk orang orang yang ada inginkan. Atau bisa juga diberikan pada teman atau kerabat anda yang tidak ikut di pantai watu bale ini. Sehingga ini akna membuat teman anda ingin pergi ke pantai watu bale kebumen dan menyaksikan langsung betapa indahnya pesona alam di pantai watu bale ini. Dan tidak jauh dari pantai anda juga disediakan fasilitas masjid. Jika anda sedang berwisata di tempat ini dan melewati waktu sholat anda bisa langsung sholat di masjid ini.

Sebagai pengunjung yang baik anda harus bisa menjaga kelestarian alam tempat wisata ini. Bagaimana caranya?? ya, tentu saja jika anda membawa makanan anda jangan membuang sampah sembarangan di tempat ini. Buanglah sampah pada tempatnya. Tempat wisata yang indah jika terdapat banyak sampah tentu saja akan tidak terlihat indah lagi. Maka dari itu sebagai para pengunjung harus punya kesadaran untuk menjaga kebersihan dan tentu saja membuang sampah pada tempatnya. Nah, untuk tiket masuknya anda bisa membayar dengan harga hanya 5000 saja. untuk berfoto di wahana itu anda juga bisa membayar 5000. Dan saat anda ingin berfoto di bukit titanic anda juga harus membayar 5000 rupiah saja.(h4r/wartaonejateng)
Powered by Blogger.