Header Ads


Pedagang di Kebumen Menarik Produk Ikan Kaleng Berparasit

Produk makanan kaleng di sebuah toko swalayan di Kebumen. (Foto :Dasih)
KEBUMEN - Munculnya pemberitaan tentang pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahwa terdapat 27 merek ikan makarel dalam kaleng yang mengandung parasit cacing, mendorong sejumlah pedagang di Kebumen untuk menarik sendiri produk-produk tersebut dari tempat penjualannya.

"Begitu berita tersebut muncul Kamis (29/03/2018) kemarin, kantor pusat kami di Purwokerto langsung memerintahkan kami untuk menarik produk-produk tersebut dari rak penjualan. Jadi, produk ikan kaleng yang hari ini kami pajang di rak penjualan semuanya aman dari kandungan parasit cacing," ungkap karyawan sebuah toko swalayan di Jalan Pahlawan Kebumen, Jumat (30/03/2018).

Menurut karyawan tersebut, ikan dalam kaleng yang terindikasi mengandung parasit cacing berdasarkan penelitian BPOM adalah produk yang terbuat dari ikan makarel.

"Sedangkan produk ikan dalam kaleng yang bahan bakunya bukan ikan makarel dinyatakan aman dikonsumsi," jelasnya. Penarikan 27 merek ikan makarel dalam kaleng secara mandiri juga dilakukan oleh sebuah toko swalayan di Jalan Kusuma Kebumen dan beberapa toko swalayan dan kelontong lainnya di kota Kebumen.

"Selain taat pada himbauan BPOM, penarikan juga kami lakukan demi melindungi masyarakat dari efek merugikan akibat mengonsumsi produk tersebut," ujar seorang karyawan toko swalayan di Jalan Kusuma Kebumen. (Dwi/KR)
Powered by Blogger.