Header Ads


Padi Varitas Purba Tinggi 2 Meter, Warga Blitar Ini Jadi Viral

BLITAR – Warga Blitar akhir-akhir ini digegerkan adanya unggahan foto di media sosial Facebook tentang petani yang menanam padi dengan tinggi hampir sekitar 2 meter. Hal tersebut membuat warga bertanya-tanya tentang kebenaran unggahan tersebut. Pasalnya selama ini padi hanya setinggi lutut.

Kami mencari keberadaan pengunggah foto yang sempat viral itu di Dusun Bebekan Desa Combong Kecamatan Garum, pada Senin (5/3/2018). Ternyata yang menanam padi ini adalah Mohammad Diaudin Aridowi (24) seorang anak petani.

“Kemarin yang mengunggah foto padi 2 meter di Facebook itu benar saya mas. Memang saya unggah agar masyarakat terutama petani tahu kalau ada padi jenis istimewa seperti ini,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Udin ini mengatakan kalau padi ini baru saja ditanamnya beberapa bulan lalu. Dia memberitahu padi yang ditanam jenis langka. Hasil penelitian temannya yang pandai menyilang-nyilangkan tanaman padi. Dan jenis padi yang dinamai PIM 1 ini, dari pengembangan padi purba atau yang orang zaman dahulu menyebutnya sebagai padi Gogo.

“Kalau padi purba atau padi gogo zaman dahulu memang setinggi ini namun kelemahannya sering gagal panen karena tangkainya kecil. Sehingga kena angin sedikit gampang roboh dan akhirnya mati,” ujarnya.

Dia menjelaskan kalau bibit padi ini dia dapat dari temanya yang merupakan penyuluh pertanian di Wilayah Ngegong Kelurahan Bendogerit Kota Blitar. Keunggulannya selain tingginya 2 meter adalah produksinya yang dua kali dari padi pada umumnya. Sebab dalam satu tangkai padi jenis ini dia mengeklaim berisi 800 hingga 1000 biji padi yang artinya dua kali produksi padi pada umumnya.

“Selain itu rasanya katanya lebih enak juga. Maka dari itu saya beri tahu petani kalau ingin produksinya melimpah bisa mencoba. Meski ini masih benih percobaan tapi memang benar kelihatannya nyata produksi lebih banyak kalau dari pengalaman saya. (h4r/*/jatimtimes.com)

No comments

Powered by Blogger.