Header Ads


Nikmatnya Sego Oyek Goreng, Khas Kebumen

Kutowinangun, Kebumenonnews.com - Potensi pariwisata di Kebumen belakangan ini terus meningkat, mulai dari Pantai, Goa, Waduk, Bukit, Air Terjun dan Budaya. Pecinta wisata Kebumen pun semakin aktip berbagi informasi dan "testimoni" melalui media-media sosial yang membuat keindahan alam Kabupaten Kebumen semakin dikenal luas.
Sego Oyek Goreng

Selain potensi wisata, Kebumen juga memiliki berbagai wisata kuliner yang sangat menarik. Salah satunya adalah Sego Oyek Goreng. Oyek merupakan bahan makanan pengganti nasi yang terbuat dari singkong, dimasa lalu yang namanya beras sangat langka.

Untuk menikmati Sego Oyek Goreng, anda bisa datang ke Bulupitu, Kutowinangun Kebumen, tepatnya dipertigaan Bulupitu, kutowinangun, sebelah barat pintu gerbang Bulupitu, Kebumen.

Warung makan sederhana yang sudah berdiri sekitar 2 tahun ini menyediakan beberapa menu yang sudah tak asing seperti Kwetiau goreng, Nasi Goreng, Spaghetti goreng dan Bakmi goreng. Dengan sajian khas spesialnya adalah Sego Oyek Goreng.

Waroenk Sego Oyek Goreng Bulupitu Bang Iwan buka pada pukul 17.30 WIB s.d 00.00 WIB, dan saat ini juga melayani 'Delivery Order' khusus untuk anda yang berada di sekitar Kutowinangun dan Kebumen Kota.

Ide untuk membuat Warung Sego oyek goreng ternyata berawal dari sebuah mimpi. “Awalnya saya mimpi seperti didatangi mbah kakung, padahal saya belum pernah ketemu dengan mbah kakung. Dalam mimpi, mbah kakung menyuruh saya untuk menggoreng oyek. Sampai kepikiran, terus saya coba”, tutur Eko Setiawan sang peracik oyek goreng yang biasa dipanggil Iwan.

Tidak ada resep khusus dalam membuat menu Sego Oyek Goreng, oyek yang sudah direbus kemudian di goreng biasa seperti membuat nasi goreng. Dengan tambahan telor, suwiran daging ayam, tempe kering, kobis, cabe dan mentimun. Hanya komposisi bumbu yang pas, sehingga Sego Oyek Gorengnya terasa nikmat, apalagi dihidangkan dalam keadaan hangat.

Saat mencicipi masih hangat, aromanya oyek banget tetapi ketika sudah menempel di lidah dan dikunyah seperti tak terasa itu dari oyek, karena enaknya seperti nasi goreng.

Lezatnya kuliner langka dari bahan makanan yang identik dengan orang miskin pada zaman dulu dan sekarang ditangan seorang pemuda kelahiran 23 Maret 1992 ini, oyek dirubahnya menjadi kuliner dengan cita rasa yang enak dan bernilai lebih.

Harganya sangat terjangkau, satu porsi sebesar Rp 10.000,-“Rasanya enak banget mas, tidak disangka oyek bisa dibuat kaya nasi goreng begini, sampai tidak terasa sedang makan oyek”, ungkap Ningsih salah seorang pengunjung Waroenx Sego Oyek.

Selain gurih dan nikmat, ternyata oyek juga bisa menjadi menjadi makanan alternatif bagi para penderita DIABETES. (h4r/food-sand-beverage.blogspot.co.id)
Powered by Blogger.