Header Ads


Bantuan PKH Tahap Pertama Cair

Karangsambung - Ratusan warga Kecamatan Karangsambung Minggu siang, (4/3/2018) berberbondong-bondong ke pendopo Kecamatan Karangsambung.

Kerumunan warga terlihat mengantri untuk menerima pencairan dana Program keluarga Harapan (PKH) tahap satu tahun 2018, ini seperti diunggah Iwan Abu Naja di laman facebook Berita Kebumen.

 Bantuan tunai sebesar 500 ribu rupiah diberikan pemerintah untuk warga miskin yang sudah didata sebelumnya. Beragam komentar dan pertanyaan muncul, seperti komentar pesimis yang dilontarkan Abdul Rahman Sidiq, "Biasane kalo pkh cair bakal ad yg akan naik...GAS,LISTRIK,BBM atau apa ya..ditunggu aja episode selanjutnya..." Program keluarga Harapan (PKH) merupakan suatu program penanggulangan kemiskinan.

 Kedudukan PKH merupakan bagian dari program-program penanggulangan kemiskinan lainnya. PKH berada di bawah koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), baik di Pusat maupun di daerah. PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu melahirkan.(h4r)
Powered by Blogger.