Header Ads


Desa Grujukan Siapkan Diri Jadi Kampung Caping

Siswa SD tengah berlatih menganyam. Foto:sorot
Petanahan, Kebumenonnews.com - Desa Grujugan Kecamatan Petanahan tengah mempersiapkan diri menjadi Kampung Tudung. Tudung atau caping ini memang menjadi produk unggulan yang dihasilkan Masyarakat Desa Grujugan maupun sekitarnya.

Kampung tudung ini ke depan diharapkan dapat menjadi sarana wisata edukasi bagi pelajar maupun masyarakat. Seperti yang dilakukan rombongan siswa SDN 1 Kutosari Kebumen, Minggu (25/3) saat mengunjungi sentra wisata pembuatn tudung dan kerajinan bambu di desa tersebut.

Meskipun wisata edukasi kampung tudung belum diresmikan, tetapi nyatanya sudah mulai menjadi kunjungan wisata. Konsep kegiatannya yakni memperkenalkan dan mempelajari aneka kerajinan anyaman bambu dan kesenian.

Ketua pengelola wisata, Waris mengatakan, ide awal pembuatan kampung tudung karena banyaknya keberadaan perajin caping di tempat tersebut yang mencapai lebih dari 1000 orang.

Inisiatif bermula dari keinginan masyarakat (perajin caping) yang kemudian diteruskan ke pemerintah desa. 

Sementara itu, Pendamping Desa di Kecamatan Petanahan Triyanto menjelaskan, adanya kampung wisata edukasi dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal maka tingkat ekonomi masyarakat dapat meningkat. Di samping itu, lokasi pembuatan kerajinan ataupun kesenian ini dapat dikenalkan secara lebih luas ke masyarakat.

"Harapannya budaya warisan nenek moyang ini dapat dipertahankan sehingga tidak hilang meski berganti generasi,” katanya.(h4r/sorot)
Powered by Blogger.