Header Ads


Dana Desa Harus Dikawal Sesuai Tata Kelola Keuangan Negara

Ayo Kawal Dana Desa. Foto:istimewa
WONOSOBO - Untuk penyaluran Dana Desa tahap III syarat yang harus dipenuhi juga mudah. Yaitu telah tercapai realisasi output dan realisasi penyaluran dana desa atas kegiatan tahap I dan II. Sementara kebijakan pemerintah pusat yaitu membangun dari wilayah pinggiran bisa segera terwujud dari pengalokasian dana desa. Pembangunan yang direncanakan, dikelola, dan dilaksanakan oleh seluruh unsur di desa menjadi wujud impian warga desa.

“Apabila itu telah selesai, fokus yang tidak kalah penting yaitu kegiatan pemberdayaan produktif dengan menumbuhkan ekonomi kreatif di desa, mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa, geliat UMKM, dana bergulir mau pun pembangunan desa wisata. Tidak kalah penting dana desa harus dikawal, karena harus sesuai dengan tata kelola keuangan Negara," Kepala Sub Bagian Aset dan Keuangan Desa Setda Wonosobo, Aldhiana Kusumawati.

Untuk Wonosobo, Bagian Pemerintahan Setda telah menerapkan prinsip transparansi dan akuntabel. Karena alokasi Dana Desa kini telah dilaporkan secara terbuka melalui media website yang dapat diakses siapa pun 24 jam. "Pendampingan petugas dari dinas atau Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa juga dilakukan terus menerus selama satu tahun, begitu juga dari lnspektorat akan melakukan audit atau pengawasan atas pertanggungjawaban penggunaan dana desa," tandasnya.(h4r/SM)

No comments

Powered by Blogger.