Header Ads


Camat Prembun Resmikan Bumdes Prembun


Prembun - Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) Prembun berupa Pasar Pagi ex terminal prembun diresmikan Camat Prembun Ahmad Ngaisom S.Sos, Minggu (04/03/2018).

Pasar Pagi yang dahulu digunakan sebagai Terminal Prembun ini keberadaan nya telah di kembalikan ke Desa Prembun sejak 15 Januari 2017 oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen.

Selama 20 tahun oleh Dishub di gunakan untuk terminal non bus dan bus.
Terminal Prembun adalah tanah bengkok Desa yang luasnya 3 hektar dan baru terpakai 2 hektar, di kontrak oleh Dishub tanpa ada kejelasan nilai kontrak ke Desa Prembun.

"Dengan adanya Peraturan Presiden RI Nomer 14 Tahun 2014 tentang tanah desa/bengkok desa harus di gunakan untuk kemakmuran desa, maka alih fungsi dan kelola tanah bengkok ini digunakan sebagai Pasar Pagi", jelas Samet Suharno kepala Desa Prembun.

Direktur Bumdes Makmur Jaya Desa Prembun, Manijan Spd bertekat membuat trobosan guna penambahan pendapatan desa dengan merelokasi pedagang yang semrawut di depan terminal supaya tertata dan di buatkan tempat untuk berjualan los di ex terminal pasar prembun.

Adapun pedagang yang berjualan di pasar ex terminal prembun adalah rata-rata pedagang sayur mayur dan kebutuhan pokok harian. Ada sekitar 100 pedagang yang berjualan di pasar pagi. Untuk restribusi pasar dari pihak Bumdes Makmur Jaya belum melakukan pungutan.

Manijan berharap ada bantuan lunak dari pemerintah pusat atau investor untuk pengembangan yang rencananya ada tempat bermain anak dan juga sebagai pusat jajanan khas Kebumen.

Hadir dalam acara peresmian Bumdes Makmur Jaya, Sarimun dan Halimah anggota DPRD Kebumen. Dukungan dan apresiasi dari wakil rakyat ini "Kreatifitas masyarakat supaya bisa menjual hasilnya di pasar ex terminal prembun dan mengharapkan ada warga desa prembun sendiri yang menjadi investor untuk pengembangan kemajuan di wilayah paling timur kebumen", jelasnya.

Peresmian ini di tandai pemotongan pita oleh Ahmad Ngaisom S Sos. Camat Prembun dan mengharapkan Bumdes Makmur Jaya bisa menjadi percontohan bagi desa-desa di kecamatan Prembun dan di Jawa Tengah.

Wilayah Prembun sangatlah strategis dikarenakan berbatasan langsung dengan 2 kabupaten yaitu Kabupaten Purworejo di sebelah timur dan di utara dengan Kabupaten Wonosobo, maka dari itu masyarakat prembun supaya menjaga tingkah laku supaya Bumdes makmur jaya bisa menjadi percontohan di Jawa Tengah.(h4r)
Powered by Blogger.