Header Ads


Basarnas Latih Puluhan Relawan Latihan Water Rescue di Waduk Sempor

Basarnas Latih Potensi SAR Kebumen
Sempor, Kebumenonnews.com - Sedikitnya 50 orang relawan kebumen mengikuti pelatihan Water Rescue di objek wisata waduk Sempor, Kecamatan Sempor, Rabu (28/03/2018).

Relawan berasal dari potensi SAR Kebumen ini di antaranya SAR Elang Perkasa, SAR Lawet Perkasa, Orari, RAPI, PMI, Srikandi Tangguh Bencana, Kebumen Rescue, Gertak's, Bagana, Track, SAR MTA, MDMC, Sakti Pena, SAR Tunaskelapa, Relindo.

Kegiatan tersebut digelar oleh kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) - dulu Basarnas - Semarang dengan pelatih dari BNPP pos Cilacap dengan dukungan alat dan personil pendamping dari BPBD Kebumen.

Latihan penyelamatan secara efektif dan efisien di dalam air itu digelar dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kecakapan para relawan yang ada di Kebumen secara kolektif.

"Pelatihan water rescue ini selain meningkatkan kapasitas relawan juga ditujukan untuk mempererat tali silaturahmi antar potensi SAR yang ada di Kebumen,” terang Kalak BPBD Kebumen Drs. Eko Widianto didampingi Heri Purwoto, Humas BPBD Kebumen.

Latihan bersama itu diisi dengan sejumlah materi tentang penyelamatan di air, diantara yakni Resusitasi Jantung Paru-paru (RJP), pengoperasian perahu (LCR), pertolongan dan evakuasi serta beberapa materi pendukung lainya.

"Dengan latihan bersama ini diharapkan teman-teman relawan bisa lebih cakap, tanggap dan tangguh. Kita juga berharap tali silaturahmi antar sesama relawan dapat terjalin lebih kuat lagi,” harapnya.(h4r)
Powered by Blogger.